PDIP Sumut Bisa Usung Sendiri Cagub, Janji Tak Akan Biarkan Bobby Lawan Kotak Kosong

PDIP Sumut Bisa Usung Sendiri Cagub, Janji Tak Akan Biarkan Bobby Lawan Kotak Kosong

Jul 11, 2024 - 09:37
PDIP Sumut Bisa Usung Sendiri Cagub, Janji Tak Akan Biarkan Bobby Lawan Kotak Kosong

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Ketua DPD PDIP Sumatera Utara, Rapidin Simbolon mengatakan pihaknya pasti mengusung pasangan calon gubernur-wakil gubernur pada Pilgub Sumut 2024.

Rapidin menyebut tak ingin Wali Kota Medan yang juga menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution hanya melawan kotak kosong karena sudah mengantongi dukungan enam partai.

"Kalau hanya satu calon melawan kotak kosong apa itu demokrasi? Kalau saya ditanya sebagai Ketua DPD, saya akan usulkan ke Ibu Megawati. Walaupun kita sendiri. Pasti kita membawa calon sendiri. Diloloskan atau tidak kami hanya bisa berdoa," kata Rapidin usai berkunjung di Kantor DPW PKS Sumut di Medan, Rabu (10/7).

Rapidin mengatakan jika di Pilgub Sumut hanya muncul satu calon kepala daerah, demokrasi tidak akan berjalan dengan baik.

Ia pun mengingat pesan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri yang terus memperjuangkan demokrasi.

Di situlah nilai-nilai negarawan seorang Megawati PDIP dan PKS. Karena kami ingin membangun demokrasi yang berkualitas yang terbangun dari akar rumput dari hati nurani masyarakat, " ucapnya.

Rapidin mengaku tak gentar bila pada akhirnya PDIP memilih jalan berbeda dengan partai politik lainnya. PDIP sendiri memperoleh 21 kursi di DPRD Sumut.

Sehingga partai berlambang banteng tersebut bisa mengusung calon gubernur dan wakil gubernur tanpa harus berkoalisi dengan partai politik lain di Pilgub Sumut 2024.

Meski begitu, hingga saat ini PDIP belum memutuskan bakal calon kepala daerah yang bakal diusung di Pilgub Sumut 2024. Rapidin mengaku DPD PDIP Sumut sudah menyodorkan beberapa nama ke DPP PDIP Sumut di antaranya mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Nikson Nababan.

"PDIP melalui penjaringan dan diusulkan ke DPP. Soal nama ada juga kader kita Nikson Nababan, non kader ada Edy Rahmayadi. Dan itu semua sudah dikirim ke DPP. Soal nanti siapa yang menjadi keputusan DPP tentu kami all out, artinya tegak lurus. Kita berjuang sampai menang, " ujarnya.

DPD PDIP Sumut juga membuka peluang untuk berkoalisi dengan PKS di Pilgub Sumut 2024. Meski begitu PKS sempat menyatakan mendukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut. Belakangan pernyataan itu diklarifikasi.

Di sisi lain Bobby Nasution memborong dukungan dari enam partai politik untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Sumut di Pilgub 2024. Adapun partai penyokong Wali Kota Medan itu yakni Gerindra, Golkar, Demokrat, NasDem, PAN dan PKB.(han)