Para Peneliti Ungkap Kanibalisme Induk Ikan yang Makan Bayinya Sendiri Saat Kelaparan

Ikan cichlid betina, adalah ikan yang tergolong mengerami di dalam mulut. Mereka membawa keturunannya dari saat masih berbentuk telur sampai jadi anakan baru lahir.

Para Peneliti Ungkap Kanibalisme Induk Ikan yang Makan Bayinya Sendiri Saat Kelaparan
Foto: Istock/ Ilustrasi Kanibalisme Induk Ikan, Makan Bayinya saat Kelaparan

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Ikan cichlid betina, adalah ikan yang tergolong mengerami di dalam mulut. Mereka membawa keturunannya dari saat masih berbentuk telur sampai jadi anakan baru lahir.

Saat masih kecil-bayi-bayi ikan itu tumbuh di dalam perut induknya. Oleh sebab itu, ikan betina tersebut tidak bisa makan. Menurut para ilmuwan, pada waktu induk-induk itu merasa cukup lapar, mereka terkadang memakan anaknya sendiri.

BAC AJUGA: Ngeri! Kisah Kanibal Asal Jepang, Bunuh Sadis Kawan Sendiri Lalu Memakannya


Para peneliti dari Central Michigan University menemukan fakta tersebut saat mempelajari Astatotilapia burtoni, sebuah spesies cichlid air tawar Afrika.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada 9 November lalu di jurnal Biology Letters, para ilmuwan menemukan, sebagian ikan A burtoni yang rakus menelan bayi-bayinya karena kelaparan.

Salah satu penulis, Peter Dijkstra dari Central Michigan University mengatakan, sebenarnya ada cukup banyak literatur tentang kanibalisme pada hewan. Hal itu sangat umum di banyak spesies satwa.

Namun, kenapa ikan-ikan tersebut memakan bayinya sendiri?

Alasan Ikan Memakan Anaknya

Para peneliti mengungkap, penyebab kanibalisme ikan betina itu kemungkinan karena mereka sangat membutuhkan nutrisi saat mengerami.

"Menurut kami, si betina memakan bayinya untuk memperoleh sesuatu seperti kalori," kata Dijkstra, dikutip dari Live Science.

Para ahli pun percaya, memakan anaknya sendiri adalah cara induk ikan mendapatkan antioksidan.

"Jadi, para ibu akan mengorbankan beberapa bayinya untuk membantu meningkatkan kesehatan mereka sendiri. Ini bisa menjadi cara bagi mereka untuk bertelur lagi di masa depan," papar Dijkstra.

Proses mengerami di dalam mulut juga bisa menjadi saat-saat dengan stres tinggi bagi cichild betina. Pada sebuah penelitian tentang ikan A burtoni yang diterbitkan pada jurnal Genes, Brain, and Behavior pada 2020 lalu, ditemukan bahwa lingkungan yang penuh tekanan bisa membuat induk ikan melakukan kanibalisme.

BACA JUGA: Pria Kanibal Asal Jepang Makan Kawan Sendiri Dalam Kondisi Mentah dan Matang


Pada studi yang baru, para penulis menemukan beberapa induk ikan menunjukkan tanda-tanda kerusakan hati, dengan tingkat kerusakan DNA 24 persen lebih tinggi dibanding betina yang tidak mengerami.

Perlu diketahui, hewan yang memakan keturunannya sendiri bukan hanya ikan cichlids. Ada banyak spesies ikan lain yang melakukannya. Bahkan, sebagian burung, serangga, laba-laba, dan mamalia pun demikian.(eky)