Pakar Ekonomi: China Memainkan Peran Positif dalam Ekonomi Kenya

Perusahaan-perusahaan China memainkan peran positif dalam pembangunan sosial-ekonomi Kenya, kata seorang pakar ekonomi

NUSADAILY.COM - NAIROBI - Perusahaan-perusahaan China memainkan peran positif dalam pembangunan sosial-ekonomi Kenya, kata seorang pakar ekonomi, Selasa (21/10).

Melansir Xinhua, di Nairobi, Ibu kota Kenya, bahwa perusahaan-perusahaan China telah memainkan peran nyata dalam pengembangan jalan, kereta api, unit perumahan yang terjangkau, serta infrastruktur lainnya, kata Judd Murigi, Kepala Riset di ICEA LION Asset Management.

BACA JUGA : Melihat Agenda Kongres Partai Komunis China di Akhir Pekan...

Murigi mengamati bahwa perusahaan China juga mendirikan fasilitas manufaktur untuk produksi komoditas konsumen yang mempekerjakan penduduk lokal serta mengurangi tingkat impor barang.

"Ini adalah langkah positif karena manufaktur yang akan mendorong transformasi ekonomi perekonomian," katanya dalam peluncuran laporan investor kuartal keempat 2022.

BACA JUGA : Elon Musk Akan PHK 75% Pegawai Usai Akuisisi Twitter

Dia mengatakan bahwa China sebagai pasar berkembang dapat mengidentifikasi peluang investasi unik di Kenya yang merupakan pasar perbatasan.

Murigi mencermati bahwa perusahaan China mencapai kesuksesan di Kenya karena mereka fleksibel dan menghargai tantangan dan peluang yang ada di Kenya, memperlihatkan bahwa Kenya bisa belajar dari China karena negara Asia telah menunjukkan bagaimana mengubah ekonomi secara positif dalam waktu yang relatif singkat.(mdr1/lal)