Senin, September 26, 2022
BerandaOpinionTukang Bakso dan Ruang Perempuan

Tukang Bakso dan Ruang Perempuan

Penelusuran budaya yang kental dianut ibu Mega adalah budaya Jawa mengapa wejangan disampaikan tidak mempertimbangkan pilihan kata bibit, bobot dan bebet. ‘Bibit’ berarti calon menantu pilihan berasal dari keturunan yang baik.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

‘Bebet’ mengacu pada bagaimana calon menantu pilihan berpenampilan dan bersikap baik. ‘Bobot’ adalah calon menantu pilihan mempunyai kualitas diri yang baik. Ibu Mega lebih tertarik memilih diksi “tukang Bakso”.

Baca Juga: Ada Tukang Bakso di Balai Kota, PDIP Bertanya, PKS Menjawab

Menilai calon menantu dari sisi budaya Jawa “bibit, bebet, dan bobot”  memang lebih banyak ditujukan untuk memilih menantu perempuan. Dalam pandangan agama Islam, laki-laki dianjurkan menikahi wanita tidak hanya melihat kecantikannya atau hartanya saja akan tetapi hendaklah laki-laki menikahi wanita berdasarkan agamanya. Artinya bahwa belum ada rujukan yang melarang memilih pasangan seorang tukang bakso.

Mencermati isi sambutan ibu Mega yang merujuk pada tukang bakso maka Perempuan mempunyai ruang sebagai penentu kebijakan. Di sisi lain perempuan berperan langsung dalam profesi tukang bakso.

Hal ini terlihat dari banyaknya penjual bakso perempuan. Salah satu contoh penjual bakso cantik di Bogor yang sempat viral Nur Fitriyani, dan masih banyak lagi penjual bakso keliling perempuan ataupun yang jualan menetap di tempat tertetu.

Baca Juga: Riuh ‘Tukang Bakso’ di Rakernas PDIP dan Balai Kota DKI Jakarta

Selanjutnya, perempuan sebagai anak yang mendapatkan wejangan saat memilih pasangan hidup harus berhati-hati dalam menentukan pasangan. Profesi tukang bakso mungkin bagi ibu Mega memang tidak pas dijadikan sebagai menantu tetapi bagi perempuan lain profesi tukang bakso bisa jadi bukanlah hal yang memalukan.

Tukang bakso banyak yang berwajah tampan ataupun berparas cantik. Pendapatan juga tidak kalah dengan PNS sehingga modal kebahagiaan dalam membina rumah tangga sudah mencukupi.

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Ketua hingga Komisaris MK dan Karyawan BUMN Dilarang Gabung Timses Pemilu 2024

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) hingga komisaris dan karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dilarang bergabung sebagai pelaksana dan tim kampanye...