Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaOpinionTukang Bakso dan Ruang Perempuan

Tukang Bakso dan Ruang Perempuan

Oleh Dr. Rosita Ambarwati, S.S., M.Pd.

Tukang bakso menjadi viral sebagai fokus pembicaraan di dunia maya di beberapa bulan yang lalu. Sambutan menggelitik ketua umum PDI perjuangan Megawati Sukarno Putri pada rakernas mendapat respon yang beragam.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dunia pertiktokan menjadi ramai, dan kebahagiaan tergambar dari para tik tokers karena ada amunisi baru dan menggigit untuk membuat vt (video tik tok). Dalam hitungan jam setelah sambutan Megawati menyebar muncul video sindiran soal “tukang bakso”. Mengapa “tukang bakso” menjadi sangat berarti dan menarik bagi seorang tokoh besar Megawati untuk diangkat kepermukaan?

Baca Juga: Sindir Holywings, Gerai Makan di Jakbar Tawarkan Bakso Gratis Bagi Pemilik Nama Muhammad & Maryam

Bakso adalah satu di antara makanan favorit orang Indonesia. Hampir di seluruh wilayah Indonesia dapat dijumpai bakso. Dari kota besar sampai pedesaan bakso selalu hadir.

Bahkan di luar negripun bakso Indonesia (bakso yang dimasak oleh orang Indonesia) bisa dijumpai. Sebagai contoh di Arab Saudi, bakso Indonesia  banyak mengisi hotel tempat menginap jamaah haji. Begitu juga di lingkungan Masjidil Haram. bakso si Doel selalu ramai dikunjungi pembeli terutama jamaah haji Indonesia. `

Eksistensi usaha bakso berpotensi besar memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat. Usaha bakso pernah menjadi penyumbang pajak terbesar di Tangerang, seperti dikutip dari berita economy.okezone.com.

Bakso goreng Anugerah  yang diangkat kanal you tube kawan dapur mengklaim omzet sehari tembus 20 juta dengan waktu jualan hanya sampai siang. Menjamurnya tukang bakso gerobak yang menjual pentol di pinggir-pinggir jalan bisa dijadikan indikator berhasilnya usaha bakso dalam menopang kehidupan masyarakat.

Di balik keunikan dan viralnya bakso beberapa bulan yang lalu, penulis menjadi sangat tertarik dengan isi sambutan ibu Megawati. Hal yang menarik dari kacamata penulis adalah keterkaitan bakso dan perempuan.

Baca Juga: Unik! Ada Bakso Tumpeng Ulang Tahun di Jombang, Isi Pangsit-Tetelan Gurih

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Warga Ngawi Temukan Bangkai Perahu Kerjaan Powan di Dasar Sungai Andong

NUSADAILY.COM – NGAWI – Warga menemukan sebongkah batang kayu yang diduga sebagai bangkai perahu kuno di sungai Andong Desa/Kecamatanan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Baca...