Senin, September 27, 2021
BerandaOpinionTrend Ikoy-Ikoyan, Netizen: Mengemis dengan Gaya

Trend Ikoy-Ikoyan, Netizen: Mengemis dengan Gaya

- Advertisment -spot_img

Oleh: Reyna Karunia Putri Darmawan

Bagaimana kalau artis atau seleb sosial media bagi-bagi hadiah ke fans nya? Iya, seperti salah satu nya give away. Trend seperti itu sudah banyak sekali dilakukan dan tidak hanya dari kalangan orang terkenal. Bisa dari online shop atau perusahaan dagang. Trend bagi-bagi hadiah lewat sosial media ini menarik banget buat netizen. Apalagi netizen kanker alias kantong kering.

Waduh gak bakal rugi tuh?  jangan salah dulu, give away ini pastinya on purpose. Selain netizen yang beruntung tentu si penyelenggara give away untung juga. Biasanya si penyelenggara akan kebanjiran followers dan tentu jadi tenar. Setelah tenar maka endorsment akan mengalir. Fair-fair saja untuk dua belah pihak selama itu menguntungkan.

Namun semakin kesini, trend bagi-bagi hadiah mulai berubah. Kali ini istilah nya ‘Ikoy-ikoyan’ yaitu bagi-bagi hadiah ala artis. Namun ada perbedaan, yaitu netizen bebas memilih apa hadiah nya. Yang paling sering biasa nya uang. Karena dari awal muncul nya istilah ikoy-ikoy sendiri adalah dari salah satu influencer terkenal. Influencer ini gemar sekali berbagi uang lewat Direct Message (DM) kepada followers nya.

Ada beberapa artis yang dengan sukarela mengikuti trend ini. Sama dengan tujuan give away, memang senang berbagi dan juga senang mencari pamor. Lain sisi, meskipun trend ini banyak diikuti artis sampai influencer ada juga yang menentang trend ini.

Membangun Bangsa Memiliki Mental Pengemis

Membangun bangsa memiliki mental pengemis, kata salah satu artis senior setelah mendapatkan DM dari follower nya. Bukan hanya satu atau dua netizen namun ada ratusan katanya. Permintaan nya banyak ini dan itu. Pantas aja si artis geleng-geleng hingga nyeletuk ‘mental pengemis’.

Bagaimana bisa, orang yang tidak ia kenal langsung meminta uang sambil memelas bercerita kehidupannya. Semua orang pasti mempunyai masalah tersendiri, namun baik nya berusaha sendiri adalah pilihan yang tepat. Ketik si artis senior tersebut dalam Instagram story nya. Secara tersirat si artis ini tidak ingin masyarakat terbiasa meminta dari artis atau influencer yang dianggap tajir. Mereka sama seperti orang-orang lain. Terkadang punya masalah ekonomi di kehidupannya.

Sebenarnya penulis lebih tertarik dengan beberapa influencer yang senang berbagi kepada yang lebih membutuhkan. Target biasanya pedagang kecil yang terkena imbas PPKM, bapak ojol yang sudah renta dan juga pengamen cilik. Menurut penulis, orang-orang seperti itulah yang tepat sasaran untuk mendapatkan uluran tangan dari kita. Boro- boro mau ikut trend ikoy-ikoyan, handphone saja tidak punya.

Penulis adalah mahasiswi sastra Inggris UIN Malang

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...