Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaOpinionTeater, Bikin Hidup Lebih Hidup

Teater, Bikin Hidup Lebih Hidup

Oleh: Dra. Rumanti Peristiani

Mengeja kata “Teater bisa bikin hidup kita lebih hidup” adalah suatu hal yang sangat menarik untuk dipertanyakan. Untuk siapa pernyataan itu ditujukan? Tentu pada para penggemar seni terkhusus orang-orang penggemar teater.

Lantas?

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Inilah suatu hal yang ternyata bisa dirasakan saat keberadaan kita di tengah kehidupan yang masih hidup. Bagaimana tidak? Teater itu sendiri adalah kehidupan.

Secara definisi konkritnya saja teater adalah seni pertunjukan yang menyajikan tentang kisah kehidupan manusia yang dipersembahkan oleh manusia dan ditonton oleh sejumlah manusia juga. Disini penekanan unsur pokoknya adalah manusia.

Sehingga, karena ada unsur manusia, di dalam teater ada unsur hidup serta kehidupan. Unsur hidup dan kehidupanmerupakan hal yang sangat penting bagi kita. Oleh sebab itu, sentral atau pokok pementasan teater yaitu untuk mengungkapkan, membahas, mengisahkan permasalahan-permasalahan hidup manusia.

Bac Juga: Sukseskan Merdeka Belajar, Unikama Gandeng Teater Ideot

Jadi pementasan teater itu digelar karena ada kehidupan yang selayaknya disampaikan agar bisa menjadi pelajaran hidup. Disamping itu juga menjadi pemikiran dalam hidup. Lebih jauh dari itu sesungguhnya dapat dipetik banyak pelajaran tentang kehidupan.

Untuk itulah teater harus dimainkan atau disajikan dengan cara yang hidup oleh para pelakunya. Jika tidak, apa yang terjadi? Teater tidak menarik dan indah untuk dipertontonkan.

Untuk itulah pemain teater adalah orang-orang cerdas yang dapat menghidupkan peran dengan penuh penghayatan. Penghayatan itu sendiri berasal dari kata hayat yang artinya hidup. Ini berarti orang yang merupakan sang pemain bisnis menghidupi perannya atau membuat perannya menjadi benar-benar hidup.

Dari sisi penonton, mereka adalah orang-orang yang hidup juga. Hidup dalam artian penonton yang memang benar-benar ingin menambah wawasan hidup. Mereka juga benar-benar ingin memperkaya khasanah, batin yang hidup, dan menghidupkan imajinasinya.

Baca Juga: Puji Wulan Guritno, Sabda Ahessa: ‘She is Hot’

BERITA KHUSUS

Raih Penghargaan Program Inovasi Digital, Gus Ipul: Terus Layani Masyarakat dengan Cepat

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meraih penghargaan kategori program Inovasi Digital pada ajang Merdeka Award 2022, Kamis (24/06). Wali Kota Pasuruan...

BERITA TERBARU

Wow! PSG Untung Rp 10,9 Triliun Berkat Lionel Messi

NUSADAILY.COM - PARIS - Lionel Messi memang gagal mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Paris Saint-Germain. Meski begitu, PSG mendulang keuntungan yang amat besar berkat...