Rabu, September 28, 2022
BerandaOpinionSerakan Talenta di Indonesia

Serakan Talenta di Indonesia

Memetik Pelajaran

Dari rajin membuka internetsaya memperoleh informasi tentang berbagai hal. Jika tidak pernah menggunakan internet, saya hanya mengenal bintang-bintang yang bertaburan di televisi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Melalui youtube dan google saya mengetahui bahwa, Indonesia banyak memiliki talenta yang kurang terlihat atau tidak dilihat. Alip Ba Ta satu diantara sekian banyak warga Indonesia yang memiliki talenta dan baru diketahui warga net setelah unggahan permainan gitarnya di youtube.

Alip Ba Ta menerima reaksi sangat baik dari masyarakat dan musisi asing. Saya melihat cara mereka (reaktor) mereaksi permainan Alip dengan sangat baik. Kekaguman terhadap kemampuan Alip memainkan gitar tampak tidak dibuat-buat. Raut kejujuran terlihat pada wajah mereka ketika mereaksi.

Saya suka cara orang-orang asing memuji kemampuan seseorang. Mereka mereaksi atau memberi penilaian sesuai dengan yang dilihat dan diketahuinya. Penilaian seorang reaktor dengan reaktor lain tentu berbeda.

Reaktor yang sedikit tahu tentang musik/bermain gitar kekagumannya lebih besar, sedangkan  reaktor yang banyak tahu seperti guru musik/gitar memperhatikan dengan teliti untuk mengetahui kelebihan dan kekurang Alip, lalu memberi penilaian dengan baik.

Sikap seperti ini jarang saya temukan di Indonesia (bukan berarti tidak ada). Namun, saya lebih sering menemukan orang Indonesia lebih banyak mencari kelemahan orang lain bahkan temannya.

Tidak banyak yang senang memuji, memotivasi untuk kemajuan orang lain, selalu ingin maju sendiri tanpa mau menilai kemampuan sendiri. Dengan kata lain, banyak orang di Indonesia yang tidak jujur terhadap dirinya sendiri (sering menilai diri sendiri atau keluarga sendiri lebih baik/mampu dari orang lain).

Baca Juga: Namanya Terseret Kasus Korupsi Bansos COVID-19 Kemensos, Cita Citata Angkat Bicara

BERITA KHUSUS

Enam Poktan Tembakau Situbondo Dapat Bantuan Kendaraan Roda Tiga, Ini Daftarnya

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Enam kelompok tani (Poktan) tembakau di Kabupaten Situbondo bakal mendapat bantuan kendaraan roda tiga. Bantuan itu berasal dari Dinas Pertanian...

BERITA TERBARU

Indra Kenz Sebut Nama Deddy Corbuzier dalam Sidang Investasi Bodong

NUSADAILY.COM – JAKARTA -  Indra Kesuma alias Indra Kenz  menyebut nama Deddy Corbuzier dan Boy William dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tangerang, Rabu (28/9/2022)....