Rabu, September 28, 2022
BerandaOpinionPBL dan PjBL Menjadi Kunci Keberhasilan

PBL dan PjBL Menjadi Kunci Keberhasilan

Oleh: Dr. H. Syamsul Ghufron, M.Si.

PBL merupakan singkatan dari problem based learning, sedangkan PjBL bentuk singkat dari project based learning. PBL atau pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang mengutamakan penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Model pembelajaran ini mengharuskan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dalam proses identifikasi permasalahan, mengeksplorasi data, dan memanfaatkan data tersebut untuk memecahkan masalah.

Masalah merupakan kesenjangan atau ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan. Dengan model PBL ini, kemampuan berpikir dan keterampilan memecahkan masalah siswa akan meningkat dengan bimbingan guru.

Jadi, PBL menantang siswa untuk “belajar bagaimana belajar” dan bekerja secara berkelompok untuk mencari solusi terhadap permasalahan dunia nyata.

Model PBL ini memiliki beberapa kelebihan. Siswa memiliki keterampilan memecahkan masalah dunia nyata. Siswa membangun pengetahuannya melalui aktivitas belajar. Materi yang dipelajari siswa relevan dengan permasalahan sehari-hari.

Terjadi aktivitas ilmiah melalui diskusi dan kerja kelompok siswa. Kegiatan diskusi dan presentasi hasil pekerjaan meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Melalui kerja kelompok, masalah dan kesulitan belajar siswa dapat teratasi.

PjBL merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai inti pembelajaran. Proyek adalah rencana pekerjaan dengan sasaran khusus dan dengan waktu penyelesaian yang tegas.

Baca Juga: Kekuatan Chatbot Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Digital

BERITA KHUSUS

Enam Poktan Tembakau Situbondo Dapat Bantuan Kendaraan Roda Tiga, Ini Daftarnya

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Enam kelompok tani (Poktan) tembakau di Kabupaten Situbondo bakal mendapat bantuan kendaraan roda tiga. Bantuan itu berasal dari Dinas Pertanian...

BERITA TERBARU

Indra Kenz Sebut Nama Deddy Corbuzier dalam Sidang Investasi Bodong

NUSADAILY.COM – JAKARTA -  Indra Kesuma alias Indra Kenz  menyebut nama Deddy Corbuzier dan Boy William dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tangerang, Rabu (28/9/2022)....