Mendalami Samudera Alquran dan Menemukan Mutiaranya

  • Whatsapp
penyadaran
Akhmad Muwafik Saleh
banner 468x60

CAHAYA FAJAR 30

Oleh: Akhmad Muwafik Saleh*

Alquran sebagai mukjizat terbesar Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam telah membuat banyak kalangan terkesima dan takjub atas kehebatannya. Kehebatan Alquran ibarat cahaya yang dapat dilihat dari semua sudutnya. Baik dari aspek bahasa, pilihan kata, langgam, struktur kalimat, kedalaman logikanya dan kandungan ayatnya serta mukjizat kegaibannya, telah menunjukkan secara nyata kehebatan Alquran.

Alquran telah mampu menembus setiap relung jiwa yang tertutup kemudian memberikan cahaya yang bersinar ke dalam hati sehingga menggetarkan jiwa untuk menerima hidayah. Al-quran tidak hanya diperuntukkan kepada umat Islam tetapi kepada seluruh umat manusia untuk menggalinya dan menemukan kemukjizatannya.

Baca Juga

Ibarat samudera, maka Alquran adalah samudra yang tiada bertepi, berisi dengan berbagai kekayaan yang sangat luar biasa beragam. Siapapun yang mengeksplorasinya, maka tidak akan pernah habis untuk terus diambil manfaatnya dengan cara apapun dalam mengeksplorasinya bahkan terus tumbuh dan bertambah khazanah kekayaan yang di hasilkannya. Mendalami al-qur’an ibarat bertamasya di tengah keindahan yang tiada batas. Para pemikir mampu menghasilkan karya melalui Alquran. Para peneliti menghasilkan banyak temuan, juga melalui rangkaian ayat-ayat Alquran. Para inspirator menemukan banyak semangat melalui energi Alquran pula.

Saat dalam kesedihan maka alquran mampu menjadi teman yang dapat menenangkan. Saat dalam kebahagiaan Alquran menambah rasa bahagia nggak sampai puncak syukur. Alquran mampu menjadi teman setia yang terus mendampingi seseorang dalam setiap suasana apapun. Tidak ada satupun di dunia ini yang mampu menandingi kehebatan Alquran dalam menemani manusia dalam setiap keadaannya.

Alquran mampu melahirkan pikiran-pikiran kreatif, mendorong munculnya temuan-temuan baru inovatif. Bahkan jika didalami Alquran, maka semakin dalam, semakin banyak sumber yang mengalirkan hikmah-hikmah dari Alquran. Apabila seseorang semakin mendalaminya maka tidak putus-putusnya hikmah dan khazanah keilmuan seseorang dapat diperoleh. Sehingga apabila seseorang ingin terus menghadirkan kreativitas tanpa tiada henti karena Alquran terus mensuplai energi kreativitas mereka, melalui kata demi kata, kalimat demi kalimat, dari ayat-ayat yang penuh keajaiban dalam Alquran.

Alquran adalah sumber energi kreativitas dan inovasi manusia yang terus mengalir hingga manusia tak mampu menampungnya. Untuk itu langkah berikut mungkin dapat dijadikan panduan dalam eksplorasi kandungan Alquran. Pertama, bacalah Alquran secara rutin setiap hari seraya berusaha untuk merenungi maknanya. Kedua, catatlah setiap menjumpai ayat yang mampu menggugah lahirnya inspirasi dalam pikiran, baik terkait dengan ilmu, tindakan maupun kreativitas lainnya. Ketiga, dalamilah kembali pesan penting yang dicatat itu dengan terus membuka cakrawala informasi baik melalui referensi maupun dialog pakar ahli) untuk mendapatkan pemahaman yang lebih kompleks tentang inspirasi Ayat tersebut.

Keempat, lakukan dialog kreatif dengan menghadirkan objektivitas realitas dan integrasi korelatif dengan ayat tersebut. Kelima, temukan sebuah pandangan baru sebuah solusi kreativitas Berdasarkan informasi Alquran dan dialog realitas. Keenam, beranikanlah untuk menuliskan temuan itu berdasarkan inspirasi Alquran dan kedalaman ilmu para pakar (ulama yang berkompeten) sebagai sebuah tawaran solusi untuk realitas kehidupan manusia.

Dengan demikian Alquran akan hadir berada di tengah-tengah umat manusia dan semakin membumi dengan realitas yang ada. Karena memang sejatinya Alquran turun untuk menyelesaikan dan sebagai solusi atas berbagai persoalan kehidupan manusia. Selamat mendalami al-qur’an, selamat menemukan keanehan ketakjuban dan keajaiban. Semoga kita dipertemukan dengan Alquran dan para ahlinya, dan menjadi bagian dalam menemukan kemukjizatannya .This is The Miracle al-quran.

*Pengasuh Pesantren Mahasiswa Tanwir al Afkar, Dosen FISIP UB, Motivator Nasional, Penulis Buku Produktif, Sekretaris KDK MUI Provinsi Jawa Timur

Post Terkait

banner 468x60