Kamis, Juni 30, 2022
BerandaOpinionMembangun Hobi Menulis

Membangun Hobi Menulis

MENULIS merupakan pekerjaan mudah, namun tidak semua orang mau menulis loh. Banyak alibi yang mereka nyatakan, mulai dari tidak memiliki waktu, sibuk kuliah, kerjaan yang gak kunjung kelar, banyak urusan, hingga kurang bakat menulis. Padahal menulis itu tidak memerlukan waktu yang lama, cukup menyisihkan sedikit waktumu. Tulis apa yang ada di imajinasi dan pikiranmu, sesimpel itu aja.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Singkatnya adalah mulailah kamu menulis dari hal yang paling sederhana, seperti mengapa kerjaan tak kunjung kelar, mengapa hari ini lelah sekali, mengapa aku suka kamu, mengapa aku rindu kamu dan masih banyak lagi. Awal menulis itu tidak harus langsung banyak, cukup tulis saja apa yang ingin kamu tulis saat itu. Bila sudah tidak ada ide lagi, maka sudahi saja menulisnya dan mulailah beraktivitas yang lainnya. Kita tahu menulis itu memang tidak dapat dipaksakan juga.

Keesokan harinya,  jika mood menulis kamu sudah muncul kembali, maka dapat dilanjutkan. Namun jika mood itu belum muncul juga, yaa enjoy aja. Menurut  pribadi penulis, munculnya ide menulis itu saat melihat sesuatu yang sedang terjadi dan seketika itu pula penulis memikirkan konten artikel. Sepertinya ini bagus nih kalau diangkat dalam artikel, kemudian dituangkan dalam bahasa sederhana dan mudah dipahami oleh semua kalangan. Untuk mempermudah kerja kita saat menyusun naskah, kita tulis dahulu kerangka arah pikiran kita agar lebih mudah dan terarah.

Lazimnya, menulis satu artikel sederhana bagi penulis pemula dapat tuntas dalam waktu 2 – 3 hari. Namun bagi yang telah biasa menulis artikel sehari dapat menghasilkan 1 – 3 artikel. Hal yang paling penting dalam menyusun artikel adalah bahasa yang digunakan mudah dipahami dan pesan yang terkandung didalamnya dapat diterima dengan baik oleh para pembacanya.

Tips menulis dengan mudah

Ada tips menulis yang wajib kamu coba ketahui terkait bagaimana menulis artikel dengan mudah dan cepat serta artikel yang kamu tulis banyak disukai. Berikut tips agar kamu suka menulis yang dirujuk  dari https://penerbitdeepublish.com:

  1. Rajin membaca

Rajin membaca buku, novel, komik atau karya sastra lainnya adalah salah satu cara mulai menulis. Karena, penulis harus memiliki banyak sumber referensi tulisan sebelum membuat karyanya sendiri.

  • Lakukan riset

Penulis bisa melakukan riset dengan membaca buku, jurnal, melakukan wawancara, pengamatan dan mempelajari berbagai sumber yang relevan. Penulis tidak perlu menuangkan semua hasil riset yang dari berbagai sumber tersebut, tetapi cukup mengambil poin-poin terpentingnya.

  • Carilah suasana menulis yang nyaman dan menyenangkan

Kenyamanan dan ketenangan juga salah satu kunci sukses menulis. Penulis harus mencari situasi dan tempat yang nyaman serta tenang untuk memulai menulis. Karena, lingkungan akan mempengaruhi penulis dalam menuangkan ide-idenya dan membangun imajinasi dalam tulisannya.

  • Pahami keinginan dan kebutuhan pembaca

Cara mulai menulis yang paling Utama adalah harus datang dari keinginan diri sendiri dan untuk diri sendiri. Tapi, jangan lupa penulis juga menyajikan hasil karya tulisannya kepada pembaca.

  • Perbanyak interaksi dan diskusi dengan orang lain

Interaksi dan diskusi dengan orang lain adalah cara lain menambah wawasan, informasi dan mengklarifikasi sebuah pengetahuan, data atau fakta sebelum mulai menulis. Kamu tidak hanya butuh interaksi kepada pembaca, orang awam atau ahli, tetapi juga sesama penulis, kerabat dekak hingga keluarga untuk mendiskusikan suatu hal dan mengoreksi tulisannya.

  • Cari tahu isu terkini

Isu adalah desas desus, masalah yang dikedapankan dan sedang banyak dibicarakan orang. Isu yang sedang panas ini bisa menjadi topik sebuah tulisan dan tambahan informasi.

  • Pilihlah topik yang dikuasai

Topik adalah inti dari keseluruhan isi tulisan yang akan disampaikan kepada pembaca. Topik adalah hal pertama yang harus ditentukan oleh penulis sebelum memulai menulis.

  • Tuangkan semua ide dan imajinasi

de adalah gagasan, hasil pemikiran atau rancangan yang tersusun dalam pikiran penulis. Setelah menentukan topik yang akan dibahas, waktunya penulis menuangkan semua ide dan imajinasinya ke dalam tulisan.

  • Forum penulis

Forum adalah tempat pertemuan untuk diskusi bebas, baik dengan lembaga, rekan kerja atau komunitas. Forum kepenulisan tentu sangat penting bagi penulis pemula sebelum memulai menulis.

  1. Cobalah menulis di blog

Blog adalah platform yang bisa digunakan oleh siapa saja untuk membagikan karya tulis, pengetahuan, informasi dan semacamnya. Di era digital sekarang ini, sudah makin banyak orang yang memanfaatkan blog sebagai media untuk menulis dan membagikan hasil karyanya. Sehingga penulis bisa langsung mengetahui pandangan dan minat dari pembacanya yang merespons melalui kolom komentar. Apalagi blog bisa menjadi sarana menulis setiap hari sekaligus wadah diskusi dengan pembacanya.

  1. Buatlah kerangka tulisan

Kebanyakan penulis sering kebingungan di tengah proses menulis, sehingga ceritanya menjadi tidak runtut dan kehilangan alur. Karena itu, penulis harus membuat kerangka tulisan sebagai bagian dari perencanaan sebelum mulai menjabarkan keseluruhan cerita.

  1. Jangan perfeksionis

John Steinbeck mengatakan, menulislah dengan bebas dan secepat mungkin, dan tuangkan semuanya di atas kertas. Jalan sekali-kali melakukan koreksi atau menulis ulang sebelum semunya habis Anda tuliskan.

  1. Evaluasi tulisan

Evaluasi adaah penaksiran atau penilaian, yang termasuk juga dalam salah satu cara memulai menulis. Meskipun Anda lebih baik menulis terus dan jangan berkali-kali menghapus kalimat yang sudah tertulis untuk mengulanginya lagi, bukan berarti Anda tidak perlu mengevaluasi hasil tulisan.

  1. Bagikan hasil tulisan ke media sosial

Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan para penggunaannya untuk berpartisipasi, berinteraksi, berbagai, menciptakan jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh waktu dan ruang.

  1. Konsisten

Konsisten adalah tetap atau tidak berubah-ubah. Semua cara mulai menulis di atas tak akan ada artinya apapun, bila Anda sebagai penulis tidak konsisten

Naim, M.Pd. adalah dosen Pendidikan Ekonomi, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Tulisan ini disunting oleh Dr. Aris Wuryantoro, M.Hum, anggota Perkumpulan Ilmuwan Sosial Humaniora Indonesia (PISHI).

BERITA KHUSUS

Kabar Gembira! Internet Gratis Masuk RW, Wali Kota Pasuruan: Ada 68 Titik

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – Warga Kota Pasuruan kini semakin dimanjakan dengan layanan internet gratis. Tidak hanya sebatas pada ruang publik, seperti taman-taman kota,...

BERITA TERBARU

Rusia Bantah Serang Mal di Ukraina

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Perang Rusia-Ukraina belum ada tanda-tanda akan berakhir. Yang terbaru serangan rudal Rusia ke mal di Kremenchuk, Ukraina menyebabkan belasan orang...