Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaOpinionMari Lestarikan Bahasa Jawa

Mari Lestarikan Bahasa Jawa

Oleh : Dr. Muh Fajar, M.Pd.

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan saya sebelumnya tentang kesedihan kita bersama melihat situasi keberadaan bahasa Jawa di kalangan kaum mileneal.  Sebagian besar dari mereka sudah banyak yang tidak mengenal atau bahkan tidak mengerti bahasa Jawa karena berbagai macam alasan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pada tulisan sebelumnya, seorang guru bahasa Jawa seringkali menemukan anak didiknya banyak yang sudah tidak bisa menggunakan bahasa Jawa dengan tepat. Bahkan ketika mereka mendengarkan orang-orang disekitarnya ketika berkomunikasi berbahasa Jawa, mereka sudah banyak yang tidak mengerti.

Kita sebagai orang Jawa yang meruakan bagian tak terpisahakan dari budaya nasional Indonesia wajib mempertahankan keberadaan bahasa Jawa.

Dengan ini bahasa Jawa tidak punah karena gerusan atau bahkan serangan bertubi-tubi budaya luar yang masuk ke lingkungan kita baik dari gempuran aplikasi medsos maupun dari informasi lainnya.

Hal ini karena bahasa Jawa merupakan asset bagi bangsa Indonesia yang mencerminkan keberadaan dari suku Jawa yang juga merupakan bagian dari keberadaan Indonesia.

Memang sekarang ini pemerintah telah menggalakkan pelestarian bahasa Jawa melalui kurkulum di sekolah-sekolah. Hal ini karena siatuasi sekarang sangat mengkhawatirkan keberlangsungan bahasa Jawa di tengah-tengah perubahan sosial budaya yang begitu pesat. Banyak terjadi pergeseran penggunaan bahasa Jawa secara tepat.

Sudah banyak terjadi perubahan penggunaan bahasa Jawa yang penggunaannya tidak lagi mempertimbangkan unggah-ungguh berbehasa Jawa.

Baca Juga: Bahasa Jawa di Mata Milineal

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Penemuan Perahu Kuno Kerajaan Powan di Sungai Andong Ngawi

NUSADAILY.COM – NGAWI – Warga menemukan sebongkah batang kayu yang diduga sebagai bangkai perahu kuno di sungai Andong Desa/Kecamatanan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Baca...