Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaOpinionKualitas Kompetitif Pancasilais

Kualitas Kompetitif Pancasilais

Oleh: Siti Faridah

Bonus demografi sangat menguntungkan bagi Indonesia. Namun, akan sia-sia bila tidak dibarengi dengan sumber daya manusia unggul. Betapa tidak, SDM terampil dan terlatih akan mengemudikan pencapaian cita-cita konstitusi menuju masyarakat adil, sejahtera, dan makmur.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

SDM unggul sering diidentikkan dengan pembelajar sepanjang hayat. SDM handal yang terus berkesinambungan. Belajar kelak akan mengantarkan Indonesia dari negara berkembang menjadi negara maju.

Baca Juga: Polisi Nilai Kegiatan Khilafatul Muslimin Bertentangan dengan Pancasila

Berdasarkan interpretasi ‘United Nations Population’, bonus demografi dimaksudkan saat warga yang berusia produktif kuantitasnya lebih banyak daripada penduduk dengan umur yang tidak produktif.

Rentang usia produktif tersebut yakni dari umur 15 hingga 64 tahun sedangkan warga yang non-produktif yakni mereka yang berumur di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun. Gambaran ini jelas bahwa umur produktif terkait dengan produktivitas dan etos kerja baik yang terlatih maupun yang tidak.

SDM unggul merupakan salah satu kunci untuk mewujudkan Indonesia maju. SDM unggul sejatinya harus berbudi pekerti luhur. Berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Baca Juga: Polisi Nilai Kegiatan Khilafatul Muslimin Bertentangan dengan Pancasila

Keunggulan disiplin ilmu warga negara Indonesia hendaknya terinspirasi oleh falsafah ideologi bangsa. Selain faktor internal tersebut, SDM unggul tentu tidak lepas dari faktor eksternalnya.

Tingkat penguasaan IPTEK memegang peran penting dalam hal ini. Tenaga kerja produktif selalu didukung kapasitas keterampilan dan keahlian khusus.

BERITA KHUSUS

Raih Penghargaan Program Inovasi Digital, Gus Ipul: Terus Layani Masyarakat dengan Cepat

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meraih penghargaan kategori program Inovasi Digital pada ajang Merdeka Award 2022, Kamis (24/06). Wali Kota Pasuruan...

BERITA TERBARU

Wow! PSG Untung Rp 10,9 Triliun Berkat Lionel Messi

NUSADAILY.COM - PARIS - Lionel Messi memang gagal mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Paris Saint-Germain. Meski begitu, PSG mendulang keuntungan yang amat besar berkat...