Minggu, September 25, 2022
BerandaOpinionFenomena Mengangkat Pedesaan Menjadi Karya Sastra

Fenomena Mengangkat Pedesaan Menjadi Karya Sastra

Oleh: Dr. Gatot Sarmidi, M.Pd

Pemaduan situasi akademis dan kemasyarakatan oleh perguruan tinggi dan masyarakat sudah lama dilaksanakan, di antaranya program Kuliah Kerja Nyata disingkat KKN. Program ini merupakan  bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Fenomena yang menarik akhir-akhir ini adalah hadirnya sebuah novel  berjudul KKN di Desa Penari karya Simpleman yang ditulis tahun 2019. Novel  ini menjadi populer di masyarakat lantaran judulnya yang unik.

Desa Penari  menjadi viral setelah novel ini difilmkan dan ditayangkan di bioskup Indonesia pada 30 April 2022. Setelah itu, terbit antologi puisi Tuan Rumah (2021) oleh mahasiswa KKN di desa Gondowangi Wagir Malang diterbitkan Penari Pena.

Keduanya menggambarkan suasana kehidupan di pedesaan tempatnya KKN, namun menyuguhkan suasana batin yang berbeda.

Suasana yang digambarkan dalam Novel KKN di Desa Penari penuh mistis, intrik, tegang, dan mencekam. Adapun di ontologi Tuan Rumah menggambarkan suasana kedamaian dan kerukunan yang sarat denga tatanilai.

Banyak hal yang dikagumi oleh penulis diekspresikan melalui larik-larik puisi. Artikel ini membahas fenomena mengangkat suasana dan tradisi pedesaan menjadi karya sastra dari kedua karya tersebut.

Novel KKN di Desa Penari mempresentasikan kehidupan  pada salah satu desa terpencil di wilayah Banyuwangi. Tokoh-tokohnya antara lain Widya, Nur, Ayu, Bima, Anton, dan Wahyu. Mereka  dibuat ketakutan oleh teror hantu Penari. Mereka adalah para mahasiswa yang sedang KKN pada sebuah desa di Banyuwangi Jawa Timur.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa UB KKN di Magetan, Dekan: Mereka Kami Bekali Ilmu PMK

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Duh! Ferdi Anak Sule Unfollow Nathalie Holscher: Sedih Karena Sayangya Minta Ampun

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Nathalie Holscher dan putra ketiga Sule punya kedekatan yang beda dengan kakaknya. Namun, tiba-tiba saja si bungsu buah hati Sule...