Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaOpinionDunia Tanpa Kertas?

Dunia Tanpa Kertas?

Oleh: Nuri Atiningsih, S.Pd., M.Pd.

Apa itu kertas? Kertas adalah salah satu benda yang mempunyai peranan sangat penting dalam kehidupan. Lalu apakah mungkin dunia tanpa kertas? Fenomena dunia tanpa kertas  ini  mulai muncul dan dapat dirasakan di era 4.0 ini.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Itulah keunikan era 4.0. Sebuah fase kehidupan yang hampir semua aktivitasnya sarat dengan teknologi. Teknologi telah mengubah segalanya. Salah satu komponen kehidupan yang tergeser oleh teknologi, khususnya teknologi informasi, adalah penggunaan kertas.

Secara global, masyarakat mengetahui bahwa kertas adalah bagian dari kehidupan yang tidak hanya sebagai media untuk menulis saja.

Kertas juga mendukung semua lini kehidupan, seperti untuk media cetak, media edukasi, bahan mainan, persuratan, alat bungkus, bahan sedotan, hiasan dinding, bahan pelindung dan bahan pemasaran.  

Seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya ilmu pengetahuan, unsur kertas sudah tidak dominan lagi digunakan dalam kehidupan karena adanya teknologi.

Beberapa bidang yang mulai menurun menggunakan kertas antara lain bidang pendidikan, pemerintahan, ekonomi, kesehatan, industri, perbankan, telekomunikasi bahkan transpotasi. 

Di bidang pendidikan, saat ini guru atau murid sudah tidak bangga lagi membawa atau membeli buku yang tebal-tebal. Belajar sudah tidak identik dengan kertas atau buku lagi. Buku-buku tebal sudah digeser oleh ebook.

Baca Juga: Ruang Rapat Gedung Pakuan Dipenuhi Kertas Warna-Warni Berisikan Doa Untuk Eril

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Anthony Martial Dianggap Kurang Andal, MU Bakal Cari Striker Baru?

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Erik ten Hag sedang mencari striker baru untuk Manchester United. Situasinya memang dianggap krusial, apalagi jika melihat indikasi seputar Anthony...