Kamis, Mei 26, 2022
BerandaOpinionStimulan Digitalisasi: Solusi Pengembangan UMKM

Stimulan Digitalisasi: Solusi Pengembangan UMKM

Oleh: Naim, M.Pd

Di era revolusi industri 4.0, atau era digitalisasi hampir semua kalangan memanfaatkan fasilitas internet untuk memudahkan pekerjaannya. Mulai dari kalangan siswa, mahasiswa, guru, dosen, bahkan petani semua menggunakan teknologi digital untuk mempermudah pekerjaannya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Demikian juga dengan instansi, baik yang dikelola oleh swasta atau pun negara. Penggunaan teknologi digital dapat mempermudah pelayanan dan kooordinasi antarbagian dan antarcabang/branch.

Meskipun demikian, pemanfaatan internet di era digital harus dilakukan secara bijak. Teknologi digital dapat memberikan kemudahan, namun juga memberikan peluang kejahatan. Kejahatan dengan teknologi digital dapat merugikan orang dan atau usahanya, lebih fatal lagi dapat mengakibatkan pembunuhan dan penipuan. Banyak masyarakat yang teripu oleh investasi “Bodong” melalui teknologi digital.

 Dalam artikel ini akan dibahas cara bijak menggunakan stimulan digitalisasi agar menguntungkan UMKM. Dasar pertimbangannya adalah penggunaan  teknologi digital secara bijak dapat menstimulasi UMKM untuk memilah, memilih, dan memulai usaha yang cocok untuk dijalankan. Pelaku UMKM juga dapat mengembangkan jaringan dan usahanya dengan mudah.

BACA JUGA: Guru, Kemajuan Peradaban dan Simbol Keberhasilan Pendidikan

Menyitir sambutan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang mengatakan bahwa “Tren belanja masyarakat ke depan adalah belanja online. Indonesia memiliki potensi market digital terbesar di Asia Tenggara. Salah satu infrastruktur pendukungnya adalah UMKM.” Oleh karena itu, dengan menggunakan teknologi digital, maka UMKM akan mampu beradaptasi menuju tren belanja online.

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

BMKG Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini, Jakarta Cerah Berawan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Prakiraan cuaca hari ini Jakarta sudah diumumkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Selain Jakarta, kamu juga bisa mengecek...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily