Rabu, September 28, 2022
BerandaOpinionMasyarakat Multilingual: Sebuah Keprihatinan

Masyarakat Multilingual: Sebuah Keprihatinan

Di samping itu berfungsi sebagai alat komunikasi yang mempersatukan beragam suku dan budaya di seluruh provinsi di Indonesia. Dengan demikian, tanpa bahasa nasional akan sangat sulit bagi masyarakat yang memiliki beragam bahasa dan budaya untuk saling berkomunikasi di negara yang memiliki lebih dari 400 bahasa. Bahasa Indonesia baku biasanya digunakan dalam empat situasi:

  1. komunikasi formal
  2. wacana teknis
  3. berbicara di depan umum
  4. berbicara dengan orang yang sangat dihormati (Moeliono, 1989:7).  
- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sejak kemerdekaan bahasa Indonesia telah mengalami perkembangan sesuai dengan kaidah-kaidah sosiolinguistik. Ahli bahasa berpendapat bahwa perkembangan linguistik bahasa Indonesia dipengaruhi oleh interaksinya dengan beberapa bahasa daerah, dialek, dan bahasa asing (Robson, 2002).

Bahasa utama yang paling besar pengaruhnya terhadap perkembangan kebahasaan bahasa Indonesia adalah bahasa Jawa. Bahasa Indonesia dan bahasa Jawa sama-sama termasuk ke dalam rumpun bahasa Javo-Sumatera atau Austronesia Barat (Gunarwan, 2000).

Baca Juga: Alternatif Pelestarian Bahasa dan Budaya Daerah

Bahasa Jawa memegang kekuasaan sebagai bahasa etnis terbesar di negara ini dan selalu menjadi bahasa yang paling menonjol untuk urusan nasional, politik dan budaya (Sneddon, 2003). Oleh karena itu, tidak heran jika bahasa Jawa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap bahasa Indonesia.

Ada beberapa cara bahasa Jawa mempengaruhi bahasa Indonesia

  1. Orang non-Jawa yang tinggal di Jawa yang mengambil dan menyebarkan unsur-unsur Jawa,
  2. Orang Jawa yang tinggal di luar Jawa. 
  3. Bahasa Indonesia ditulis oleh orang Jawa,
  4. Pidato publik oleh tokoh politik Jawa.

Baca Juga: Usai dari China, Jokowi Bertolak Temui PM Jepang Hari Ini

BERITA KHUSUS

Enam Poktan Tembakau Situbondo Dapat Bantuan Kendaraan Roda Tiga, Ini Daftarnya

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Enam kelompok tani (Poktan) tembakau di Kabupaten Situbondo bakal mendapat bantuan kendaraan roda tiga. Bantuan itu berasal dari Dinas Pertanian...

BERITA TERBARU

Solois Muda Berbakat Aldiv Luncurkan Single Terbaru “Menanti”

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Solois Muda berbakat yang bernaung dalam label Dumeca Record, Aldiv merilis single terbarunya berjudul "Menanti". Lagu yang bercerita hubungan jarak...