Senin, September 26, 2022
BerandaOpinion & ArtOpinionMasyarakat Multilingual: Sebuah Keprihatinan

Masyarakat Multilingual: Sebuah Keprihatinan

Sebagai kompromi, bahasa Melayu dipilih sebagai bahasa nasional Indonesia. Sneddon (2003:106) berpendapat bahwa ‘pilihan bahasa Melayu diterima karena itu adalah hal yang paling alami; sangat sedikit perdebatan tentang keuntungan dan kerugiannya’.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Fakta menunjukkan bahwa bahasa Melayu telah digunakan dan dikenal luas sebagai lingua franca untuk tujuan perdagangan. Meskipun bahasa Jawa tidak dipilih sebagai bahasa nasional Indonesia, bahasa Jawa telah memainkan peran penting dalam mengembangkan bahasa Indonesia.

Akibat meluasnya penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa daerah termasuk bahasa Jawa di masyarakat, banyak masyarakat Indonesia yang menjadi bilingual atau multilingual.

Perkembangan Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi bahasa Indonesia telah berkembang dari waktu ke waktu sebelum dan sesudah kemerdekaan. Pada masa penjajahan, bahasa Indonesia digunakan sebagai alat kebangkitan politik bagi bangsa Indonesia dan perjuangan kemerdekaannya.

Saat ini, bahasa Indonesia dianggap sebagai bahasa yang penting karena banyak digunakan dalam hubungannya dengan masalah politik, ekonomi, pendidikan, dan agama.

Ada dua fungsi bahasa Indonesia, yaitu sebagai bahasa negara dan bahasa nasional. Berdasarkan fungsi tersebut, bahasa yang sering digunakan untuk berbicara tentang politik, pendidikan, hukum, legislatif dan lain-lain dilakukan dalam skala nasional (Anwar, 1990).

Sebagai bahasa nasional dimaknai sebagai bahasa yang digunakan sebagai lambang martabat bangsa.  Juga sebagai alat untuk mengekspresikan identitas nasional sebagai lawan dari identitas etnis. Istilah ini mengandung makna bahwa bahasa menitikberatkan pada pentingnya Indonesia sebagai bangsa. 

Baca Juga: Ini Alasan Bahasa Indonesia Layak jadi Bahasa Kedua ASEAN

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

4 ABG Perkosa Gadis 13 Tahun di Hutan Kota Jakut, KemenPPPA: Pelaku Sering Akses Situs Dewasa

NUSADAILY.COM - JAKARTA - 4 ABG melakukan aksi bejat dengan memperkosa gadis berusia 13 tahun di Hutan Kota Jakarta Utara (Jakut). Keempat pelaku diketahui...