Obat Semaglutide Jadi Penurun Berat Badan Para Influencer di China

Permintaan semaglutide masih meningkat di pasaran, hingga menyebabkan rumah sakit kehabisan stok. Harga obat tersbeut juga telah meningkat sekitar 30%. Beberapa institusi medis kecantikan bahkan menwarakan harga 2.000 hingga 3.000 yuan per botol.

Obat Semaglutide Jadi Penurun Berat Badan Para Influencer di China
semaglutide (sumber: istockphoto)

NUSADAILY.COM - BEIJING - Permintaan semaglutide masih meningkat di pasaran, hingga menyebabkan rumah sakit kehabisan stok. Harga obat tersbeut juga telah meningkat sekitar 30%. Beberapa institusi medis kecantikan bahkan menwarakan harga 2.000 hingga 3.000 yuan per botol.

Melansir Tencent News, Chen He seorang agen dan pengguna obat mengatakan bahwa seseorang bisa kehilangan 6 kati (satuan di China) setelah satu suntikan, dan masih perlu penyuntikkan sendiri berkali-kali serta memperhatikan jumlahnya.

Tapi efeknya samping obat ini juga sangat besar, sering membuat orang merasa tidak nyaman bahkan mual, muntah, hingga diare.

BACA JUGA : Waduh! Kim Yo Jong Adik Kim Jong Un Sebut AS Bagai Anjing...

Dibalik label serta risiko di baliknya

Semaglutide, yang termasuk dalam "agonis reseptor GLP-1", itu sendiri merupakan obat hipoglikemik, yang mencapai tujuan hipoglikemik dengan meningkatkan sekresi insulin dan menghambat sekresi glukagon; tetapi juga dapat menghambat pusat nafsu makan dari hipotalamus, menunda pengosongan lambung, mengurangi asupan energi, dan mencapai tujuan penurunan berat badan.

Zhang Pin, direktur Departemen Bedah Penurunan Berat Badan dan Metabolisme Rumah Sakit Rakyat tingkat Enam di Sanghai mengatakan bahwa dari perspektif indikasi semaglutide yang disetujui adalah untuk orang dewasa dengan diabetes tipe 2.

BACA JUGA: Puluhan Orang Belum Ditemukan, Jokowi Minta Evakuasi Gempa Cianjur Diprioritaskan

Kontrol glukosa darah, dan cocok untuk mengurangi risiko efek samping kardiovaskular utama pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. Namun, obat tersebut belum disetujui untuk pengobatan obesitas di China.

Zhang Pin juga mengatakan bahwa reaksi merugikan dari obat tersebut, di satu sisi, dimanifestasikan dalam penyakit sistem pencernaan. Mual, diare, dan muntah sangat umum terjadi.

Tingkat keparahan reaksi ini ringan atau sedang dan durasinya pendek. Di sisi lain, itu juga termasuk pankreatitis akut, detak jantung yang cepat, dll.(mdr2/lal)