Usai Ricuh, Napi Rutan Kabanjahe Sumut Disebar ke Empat Lapas

  • Whatsapp
rutan kabanjahe
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe, yang dibakar dan dirusak oleh warga binaan (ANTARA/HO)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-MEDAN – Sedikitnya 268 narapidana di Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dipindahkan ke empat rutan lainnya, Kamis 13 Februari 2020.

Pemindahan itu sebagai akibat dari kericuhan antar napi dan terbakarnya sebagian besar bangunan rutan Kabanjahe.

Baca Juga

Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin mengatakan, total napi di Lapas Kabanjahe berjumlah 410 napi, dengan perincian 380 pria dan 30 wanita.

Dari jumlah tersebut, kata Martuani, sebanyak 142 napi tetap menempati Rutan Kabanjahe. Sementara sisanya atau 268 napi dipindahkan ke sejumlah lapas di empat daerah di Sumut.

“Ada tiga sel yang bisa dihuni dan segera diperbaiki dan dibersihkan malam ini untuk ditempati 142 tahanan yang belum selesai proses sidangnya. Sementara yang lain kita akan pindahkan melalui petunjuk bapak Kanwil untuk dipindahkan ke lapas di Medan, Binjai, Sidikalang dan Humabahas, Itu yang sudah mendapat putusan inkrah,” katanya kepada wartawan Rabu 12 Februari 2020 malam.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa kericuhan yang disertai pembakaran dan perusakan oleh napi ini terjadi sekitar pukul 12.00 WIB.

Sementara itu, terpantau sejumlah napi dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe, Provinsi Sumatera Utara dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IA Tanjung Gusta Medan.

Kepala Lapas Klas IA Tanjung Gusta Medan Frans Elias Nico ketika dikonfirmasi Antara, Rabu malam, membenarkan rencana pemindahan warga binaan tersebut.

Ia menyebutkan, informasi mengenai pemindahan Napi dari Rutan Kabanjahe ke Lapas Medan, diperolehnya melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv) Kemenkum dan HAM Sumut.

“Saya baru tahu info itu, pada (Rabu) malam ini,” ujar Frans.

Ia mengatakan, berapa jumlah warga binaan yang akan dipindahkan itu, juga belum diketahuinya.

“Saya tidak tahu berapa banyak ke Lapas Medan,” katanya. (yos)

Post Terkait

banner 468x60