Tercatat 4.597 Nakes Terdaftar Penerima Vaksin COVID-19 di Yogyakarta

  • Whatsapp
COVID-19
Ilustradi - Simulasi penyuntikan vaksin COVID-19 di Kab Cirebon. (Antara/Khaerul Izan)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – YOGYAKARTA – Jumlah tenaga kesehatan di Kota Yogyakarta yang saat ini terdaftar sebagai calon penerima vaksin COVID-19 tercatat sebanyak 4.597 orang yang berasal dari berbagai fasilitas pelayanan kesehatan, baik puskesmas hingga rumah sakit pemerintah dan swasta.

“Sebenarnya, total tenaga kesehatan di Kota Yogyakarta mencapai lebih dari 9.000 orang tetapi setelah pendaftaran dan seleksi awal berdasarkan persyaratan, maka untuk sementara tercatat sebanyak 4.597 orang,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Jumat.

BACA JUGA: 2.062 Tenaga Kesehatan Kabupaten Kapuas Jadi Prioritas Vaksinasi COVID-19 – Nusadaily.com

Tenaga kesehatan tersebut berasal dari 18 puskesmas, tiga rumah sakit pemerintah yaitu RS Jogja, RS Pratama dan RS DKT ditambah empat rumah sakit rujukan yaitu RS PKU Muhammadiyah, RS Panti Rapih, RS Bethesda, dan RS Siloam.

Selain itu, ada pula tenaga kesehatan yang berasal dari empat rumah sakit nonrujukan tetapi selama pandemi ikut membantu penanganan pasien COVID-19, yaitu RS Bethesda Lempuyangwangi, RS Ludiro Husada, RS Hidayatullah, dan RS Happy Land.

BACA JUGA: Salah satu Petinggi Nasdem di Kabupaten Malang Daftar Jadi Orang Pertama di Vaksin Covid-19 – Javasatu.com

Heroe menyatakan vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta direncanakan dimulai pada 15 Januari atau 16 Januari.

“Kami pun mengajak seluruh Forkopimda untuk mengikuti vaksinasi tahap pertama ini,” katanya.

Saat ini Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta tengah melakukan pengecekan dan verifikasi terhadap kondisi kesehatan pejabat di Forkopimda Kota Yogyakarta.

“Termasuk saya. Yang pasti, saya siap melakukan vaksinasi,” kata Heroe yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Yogyakarta.

Heroe menambahkan, terdapat 13 pertanyaan yang harus dijawab oleh calon penerima vaksin sebagai bagian dari proses verifikasi oleh tim kesehatan untuk menentukan apakah vaksinasi bisa diberikan atau tidak.

Selain Forkopimda, Satgas Penanganan COVID-19 Yogyakarta juga tengah berupaya mengajak sejumlah tokoh masyarakat untuk mengikuti vaksinasi tahap awal.

“Sesuai rencana awal, vaksinasi untuk pejabat di Forkopimda akan dilakukan di RS Pratama,” katanya.

BACA JUGA: Vaksin Datang, Polresta Malang Kota Siap Lakukan Pengamanan – Imperiumdaily.com

Meskipun demikian, Heroe belum dapat memastikan kuota vaksin yang akan diterima Kota Yogyakarta pada tahap awal. Begitu pula dengan kebutuhan riil vaksin untuk masyarakat di kota tersebut karena masih harus dihitung berdasarkan persyaratan sebagai penerima vaksin.

“Seperti persyaratan usia, tidak memiliki penyakit penyerta dan persyaratan lainnya yang harus dipenuhi,” katanya.(eky)