Tanggap Karhutla Polda Kalsel Kerahkan Personel dan Peralatan

  • Whatsapp
Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H. saat melakukan apel kesiapan Tanggap Karhutla (3/8/20), polda jajnti terjunkan personel juga sarana penunjang untuk lawan kebakaran hutan di Bumi lambung Mangkurat Kalmantan selatan. (foto: dyn/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANJARMASIN – Memasuki musim kemarua dan mengantisipasi  kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan dengan sandi “Karhutla Intan 2020”.

"
"

Baca Juga

"
"

Apel dalam rangka memaksimalkan pencegahan terhadap Karhutla tersebut berlangsung di Lapangan Polri, Landasan Ulin Banjarbaru, Senin (3/8/2020).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. memimpin langsung pelaksanaan Apel yang dihadiri Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si., Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si., para Pejabat Utama Polda Kalsel diikuti para personil Polda Kalsel selaku peserta apel Ops Karhutla Intan 2020.

Dalam sambutannya Kapolda Kalsel mengatakan, dengan apel ini diharapkan dapat menyatukan tekad agar saling bahu membahu dalam mengendalikan Karhutla di Provinsi Kalsel.

“Apel pagi ini merupakan bentuk tindakan dalam kesiapsiagaan kita dalam menanggulangi bencana Karhutla,” jelasnya.

Saat ini kata dia,  di seluruh dunia bahkan di Negara Indonesia masih menghadapi wabah Virus Corona atau Covid-19. Dan memasuki musim kemarau saat ini sejumlah wilayah di Indonesia khususnya di Provinsi Kalsel akan menghadapi bencana Karhutla.

Karhutla Sebabkan Dampak Psikologis

Yang merupakan rangkaian peristiwa yang mengancam dan dapat mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat. Disebabkan oleh faktor alam maupun ulah manusia. Serta berakibat jatuhnya korban jiwa kerusakan lingkungan kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Di kesempatan yang sama Kapolda Kalsel mengungkapkan pihaknya siap bersinergi dengan semua elemen. Dalam mengantisipasi kebakaran hutan yang mungkin terjadi saat memasuki musim kemarau saat ini.

“Kami siap bersinergi dengan semua elemen. Kebakaran hutan dan lahan tidak hanya tanggungjawab Polri maupun TNI dan Pemerintah Daerah semata namun juga tanggung jawab bersama seluruh stakeholder,” katanya.

Dia  menegaskan, ratusan personil Polri beserta sarana dan prasarana di kerahkan. Untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Bumi Lambung Mangkurat. Jumlah tersebut pastinya akan bertambah lagi dengan adanya personil TNI. Pemda dan Relawan Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Selatan. (dyn/aka)

Post Terkait

banner 468x60