Sejumlah Harga Sembako di Putussibau Mulai Naik

  • Whatsapp
Karyawan salah satu toko sembako pasar Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat memegang gula pasir yang saat ini mengalami kenaikan harga. (Foto Antara Kalbar/Teofilusianto Timotius)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PUTUSSIBAU, KAPUAS HULU – Sejumlah harga kebutuhan pokok atau sembako di pasar Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat mengalami kenaikan, kenaikan harga sejumlah sembako tersebut terjadi pada minggu pertama April atau minggu pertama bulan Ramadhan di daerah tersebut. 

“Minggu pertama April memang ada beberapa harga sembako yang mengalami kenaikkan harga. Salah satu diantaranya yaitu cabai merah keriting dari Rp50 ribu/kilogram menjadi Rp80 ribu/kilogram,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu Kasianus Kintoi, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu. 

Baca Juga

BACA JUGA : Kemendag Lansir Harga Rata-rata Sembako di 216 Pasar Rakyat – Nusadaily.com

Disampaikan Kintoi, selain cabai, beberapa barang yang mengalami kenaikan harga yaitu jenis hasil laut. Seperti ikan Tongkol hitam Rp38 ribu/kg menjadi Rp40 ribu/kg, Sotong dari Rp75 ribu/kg naik menjadi Rp95 ribu/kg, Udang Suluh dari Rp75 ribu menjadi Rp80 ribu/kg. 

Sedangkan untuk, telur ayam ras dengan harga Rp1.500/butir naik menjadi Rp1.700/butir, bawang merah Rp40 ribu/kg naik menjadi Rp45 ribu/kg, bawang putih dari harga Rp28 ribu/kg naik menjadi Rp35 ribu/kg. 

BACA JUGA : Gerak Cepat, PT Petrokimia Gresik Gulirkan 1.000 Paket Sembako Untuk Korban Gempa Malang – Noktahmerah.com

Monitorting Pasar Dua Kali Seminggu

Bahkan kata Kintoi, sejumlah sayur lokal Kapuas Hulu seperti daun ubi atau singkong juga mengalami kenaikan. Dari harga Rp3.000/ikat menjadi Rp4.000/ ikat. Daun sawi manis Rp30 ribu/kg menjadi Rp40 ribu/kg dan Margarin Simas Rp17 ribu/kg menjadi Rp18 ribu/kg. 

“Jadi itu hasil monitoring kami pada minggu pertama April, secara umum memang masih tergolong stabil untuk harga sembako dan biasanya kami selalu monitoring ke pasar dua kali dalam seminggu,” kata Kintoi. 

BACA JUGA : Resmi Larang Mudik Lebaran, Pemerintah Gelontorkan Bansos Tunai dan Kartu Sembako – Beritaloka.com

Kintoi menyebutkan meski pun ada kenaikan di sejumlah harga sembako, namun ada juga yang mengalami penurunan. Seperti Kentang dari Rp25 ribu/kg turun menjadi Rp20 ribu/kg, Wortel dari Rp40 ribu/kg turun menjadi Rp30 ribu/kg dan Kol awalnya Rp25 ribu/kg turun menjadi Rp20 ribu/kg. 

“Sejauh ini untuk sejumlah sembako yang mengalami kenaikan masih normal. Termasuk juga sembako selama Ramadhan dan Idul Fitri mencukupi,” kata Kintoi.(lal)