RSUD WZ Johannes Kupang Periksa Kesehatan Calon Kepala Daerah

  • Whatsapp
Pasangan yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Prof WZ Johannes Kupang.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KUPANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof W.Z Johannes Kupang merupakan rumah salah  satu rumah  sakit   yang di percaya untuk  melakukan pemeriksaan  kesehatan terhadap  sejumlah calon kepala daerah yang akan ikut berkompetisi dalam Pilkada Desember mendatang.

RSUD   milik pemerintah provinsi NTT  ini dipilih KPU Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melayani pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah dari 9 kabupaten di NTT.

Direktur RSUD Prof WZ Johannes Kupang, dr. Mindo Sinaga  menjelaskan, sesuai dengan aturan KPU,  setiap calon kepala daerah harus melakukan pemeriksan kesehatan  terlebih dahulu sebelum berkompetisi .

Bakal calon kepala daerah itu seharusnya bisa melakukan pemeriksaan kesehatan mulai tanggal 4 September 2020. Akan tetapi  pada tanggal 4 hingga 6 September 2020  bertepatan dilangsungkan pendaftaran pasangan calon,  sehingga pemeriksaan kesehatan baru di laksanakan  pada, Senin (6/9), ” katanya.

Pada hari pertama  terdapat tiga pasangan calon kepala daerah dari Kabupaten Sabu Raijua dan tiga pasangan calon kepala daerah dari Kabupaten Sumba Timur.

Lebih lanjut dr Mindo mengaku, rangkaian pemeriksaan lengkap dilakukan mulai dari pemeriksaan swab. Untuk mengetahui paparan Covid-19 pada pasangan calon kepala daerah. Selain  pemeriksaan swab  dilaksanakan  juga pemeriksaan darah dan pemeriksaan laboratorium lengkap  serta pemeriksaan fisik.

Ia menambahkan, pemeriksaan swab dilaksanakan satu hari sekali. Pengambilan sampel swab setiap hari  hingga pukul 11.00 Wita. Jika pasangan calon melakukan pengambilan sampel swab di atas pukul 11.00 Wita, maka pemeriksaan swab mereka akan dilaksanakan keesokan harinya.

“Pihak kita tergantung dari peserta yang datang rumah sakit. Yang pastinya tidak lewat dari jam 11 siang supaya hasilnya  bisa ketahui malam. Tetapi kalau sudah di atas itu maka pemeriksaan swab  lakukan besok pagi,”  tutur dr Mindo.

Sementara itu Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Prof wz Johannes Kupang, dr Stefanus Dhe Soka menjelaskan,  pemeriksaan kesehatan lengkap dimulai pada pukul 07.00 Wita setiap hari sampai selesai. Secara keseluruhan Hasil pemeriksaan akan diumumkan pada 12 September 2020 mendatang. 

Hari kedua diikuti dua pasang calon

Dijelaskan pada pemeriksaan hari kedua, jelas dr Stefanus, diikuti oleh pasangan calon bupati-wakil bupati dari Kabupaten Malaka, Kabupaten Belu, Kabupaten TTU, Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Manggarai Barat.

Para calon tersebut, ungkap dr Stef, sebelumnya telah mengikuti tes swab Covid-19 di rumah sakit yang sama dan dinyatakan negatif Covid-19. Sehingga melanjutkan tahapan pemeriksaan kesehatan lengkap.

“Proses pemeriksaan kesehatan lengkap pasangan calon bupati – wakil bupati yang akan bertarung di sembilan Kabupaten di Provinsi NTT dilaksanakan di RSUD Prof WZ Johannes Kupang.” ungkapnya. Terpisah Ketua KPU NTT Thomas Dohu yang dikonfirmasi  wartawan  menjelaskan, sesuai jadwal berdasarkan PKPU Nomor 5 tahun 2020, tahapan pemeriksaan kesehatan pasangan calon kepala daerah berlangsung sejak 4 sampai 11 September 2020.

Thomas menjelaskan, pemeriksaan lengkap akan dilakukan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Semua paslon dari 9 kabupaten yang ada di NTT periksa di RSUD WZ Johannes.

Sesuai verifikasi KPU NTT,  kata dia  , sebanyak 27 paket pasangan calon kepala daerah telah mendaftar untuk bertarung dalam Pilkada Serentak 2020 di sembilan Kabupaten di NTT. Semua paket yang mendaftar dinyatakan diterima oleh KPU.

“Ada  27 bakal pasangan calon sudah mendaftar. Semua bakal pasangan calon yang mendaftar telah diterima setelah dilakukan verifikasi oleh KPU kabupaten,” ujarnya.

Bakal pasangan calon tersebut terdiri dari dua paket paslon di Pilkada Kabupaten Belu, dua paket paslon di Pilkada Kabupaten Malaka, dua paket paslon di Pilkada Manggarai dan dua paket paslon di Pilkada Sumba Timur.

Selanjutnya ada tiga paket paslon di Pilkada Kabupaten Sabu Raijua dan tiga paket paslon di Pilkada Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Sementara untuk Pilkada Kabupaten Manggarai Barat dan Pilkada Kabupaten Sumba Barat telah mendaftar masing-masing empat paket paslon. Sedangkan untuk Pilkada Kabupaten Ngada telah mendaftar lima paket paslon.

Sekretaris PDIP Kabupaten Sumba Timur Marlan Umbu hina terpisah kepada Nusa daily membenarkan pemeriksaan kesehatan .” Ya kami paket sehati sudah periksa dan sudah balik Waingapu.” Jelasnya. (soy/tia/aka).