Ratusan Ternak Sapi Hanyut Terbawa Banjir Bandang di Malaka NTT

  • Whatsapp
Ternak
Penjabat Bupati Malaka, Nusa Tenggara Timur, Viktor Manek (Antara/ Benny Jahang)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KUPANG – Penjabat Bupati Malaka, Nusa Tenggara Timur, Viktor Manek mengatakan sekitar 400 ekor ternak sapi milik peternak hanyut terbawa banjir bandang dalam bencana alam badai siklon tropis Seroja pada Minggu (4/4) lalu.

“Ada 400 ekor lebih ternak sapi masyarakat Malaka mati karena terjangan banjir bandang,” kata Viktor Manek ketika ditemui di posko bencana alam badai siklon tropis Seroja Provinsi NTT di Kupang, Minggu.

Baca Juga

BACA JUGA: 4.104 Rumah Penduduk di Malaka NTT Rusak Akibat Banjir dan Longsor – Nusadaily.com

Ia mengatakan ratusan ekor ternak sapi di Kecamatan Malaka Tengah itu ditemukan dalam kondisi mati di berbagai lokasi yang diterjang banjir bandang.

BACA JUGA: Ratusan Rumah Warga Wederok Malaka NTT Terendam Banjir – Noktahmerah.com

Viktor mengatakan pemerintah Kabupaten Malak mengerahkan alat berat berupa dua unit excavator untuk mengali lubang guna mengubur bangkai ternak yang mati.

Selain itu dua uni excavator milik pemerintah dan tiga unit excavator bantuan Bupati Malaka terpilih Simon Nahak ikut membantu menggali lubang untuk mengubur ratusan ternak yang mati itu.

BACA JUGA: Larangan Mudik, Bagai Buah Simalakama – Imperiumdaily.com

Menurut dia, ratusan ternak itu harus segera dikubur karena sudah menimbulkan bau busuk. Sehingga berpotensi mengganggu kesehatan warga yang diterpa bencana alam badai siklon tropis Seroja.

“Bangkai ternak yang mati itu sudah menyebarkan bau busuk. Sehingga sangat membahayakan kesehatan warga sehingga harus dikuburkan dengan cepat,” tegas Viktor Manek.(eky)