Ratusan Gardu Distribusi Listrik di Sumbawa Rusak Karena Cuaca Ekstrem

  • Whatsapp
Petugas PLN menggotong tiang listrik beramai-ramai meski dalam kondisi hujan deras disertai angin kencang di Pulau Sumbawa, NTB. (ANTARA/HO/PLN)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MATARAM – Sebanyak 149 gardu distribusi dan 28 tiang listrik milik PT PLN (Persero) dilaporkan rusak akibat cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Sumbawa Barat, dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dalam beberapa hari terakhir.

“Infrastruktur listrik, seperti tiang dan gardu distribusi banyak yang rusak akibat hujan angin yang melanda beberapa daerah sejak Minggu (21/2),” kata Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumbawa Irwanto Wahyu Kusumo, ketika dihubungi dari Mataram, Selasa.

Baca Juga

BACA JUGA : SAR Mataram Kirim Tim Bantu untuk Penanganan Banjir di Jakarta – Nusadaily.com

Ia menyebutkan lokasi tiang yang patah tersebar di beberapa lokasi dan mengakibatkan pemadaman listrik di Kabupaten Sumbawa, yaitu di BTN Belisung, Dusun Baru Beler, Dusun Batu Belisung, Dusun Lamurung dan Dusun Punik.

Selain itu, gangguan pasokan listrik juga terjadi di Desa Kertasari, Desa Sempe, Desa Ledang, yang masuk dalam Kecamatan Jereweh, Maluk dan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat.

Gangguan serupa juga terjadi di beberapa kecamatan di Kabupaten Sumbawa, seperti Kecamatan Lenangguar, Orong Telu, Ropang, Alas, dan Alas Barat.

BACA JUGA : Polres Mataram Amankan Residivis Kasus Narkoba Bawa Ganja 1,5 Kg – Noktahmerah.com

“Kami mohon maaf bagi pelanggan yang padam. Perkiraan kami, total sebanyak 25 ribu pelanggan padam akibat cuaca kali ini,” ujarnya.

Puluhan personel diturunkan untuk mengatasi gangguan yang terjadi. Tim teknik PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Samawa Rea menerjunkan 25 orang, ULP Empang sebanyak 12 orang, ULP Taliwang sebanyak 20 orang.

Ada juga tenaga tambahan dari PLN UP3 Sumbawa, dibantu dengan alat berat dan juga masyarakat setempat.

BACA JUGA : Polres Mataram Amankan Residivis Kasus Narkoba Bawa Ganja 1,5 Kg – Beritaloka.com

“Kami sudah berhasil memperbaiki 139 gardu, masih tersisa 10 gardu lagi. Mohon doa dari masyarakat agar perbaikan dapat berjalan aman dan lancar,” ucap Irwanto.

Melaporkan Gangguan Listrik pada PLN

Untuk mengurangi potensi terjadinya gangguan jaringan listrik di Sumbawa, Irwanto mengimbau masyarakat untuk melaporkan hal tersebut ke PLN.

Masyarakat bisa menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan ataupun jika mengetahui informasi lain terkait ketenagalistrikan melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123.

Saat ini, tim teknik PLN UP3 Sumbawa masih berjibaku di lapangan untuk melakukan perbaikan. Namun suplai listrik di beberapa wilayah telah kembali normal.

“Untuk seluruh masyarakat, tetap waspada dan hati hati. Kami juga mohon doa agar proses perbaikan dapat berjalan aman dan lancar,” kata Irwanto.(lal)