Petani Parigi Moutong Nikmati Kucuran KUR

  • Whatsapp
banner 468x60


NUSADAILY.COM –  PARIGI – Sebanyak 11.370 orang petani di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menjadi nasabah program Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun 2019.


Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Parigi Moutong Nelson Metubun, di Parigi, Kamis 13 Februari 2020, mengatakan dana KUR sangat dibutuhkan petani untuk pengembangan produksi mereka termasuk permodalan serta pengembangan usaha pertanian.

Baca Juga


“Pengembangan produksi tentu perlu didukung dengan modal. Jika modal menipis maka mereka juga kesulitan,” ujar Nelson yang juga mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan Parigi Moutong.


Berdasarkan catatan perbankan, realisasi KUR petani di kabupaten itu selama 2019 mencapai Rp224.277.000 tersebar di tiga perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Nasabah BRI tercatat 11.051 orang dengan realisasi Rp179.080.000.


Selanjutnya bank Mandiri tercatat 256 orang dengan realisasi pinjaman Rp36.152.000, bank BNI 63 orang dengan realisasi KUR Rp9.045.000.


“Dari tiga perbankan yang membantu pembiayaan kredit usaha, bank BRI mendominasi nasabah,” kata dia menambahkan.


Saat ini pinjaman dana KUR yang mereka peroleh telah dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan kegiatan pertanian.


Hadirnya KUR ditengah petani, diharapkan dapat memperkuat dan mengatasi permasalahan permodalan yang banyak di alami oleh para petani, khususnya dalam pemenuhan sarana produksi pertanian seperti pembelian benih bermutu, pupuk, pestisida, pembelian alat mesin pertanian, pengolahan hasil ataupun bantuan modal lain dalam proses usaha tani.


Sehingga bisa tercapai produksi hasil usaha yang meningkat dan pada akhirnya berdampak terhadap peningkatan pendapatan serta kesejahteraan mereka.


Tahun 2020, pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian okut membantu petani di kabupaten itu dengan intervensi dana KUR sebesar Rp200 miliar. Dana tersebut dialokasikan melalui tiga perbankan yang menjadi mitra.


“Kami ingin petani memanfaatkan momen ini. Pemerintah pusat sudah membantu, termasuk bantuan benih hingga peralatan pendukung kegiatan pertanian,” demikian Nelson.


Bagi petani yang ingin mendapat bantuan KUR, wajib melengkapi syarat telah di tentukan, seperti identitas diri dan persyaratan teknis lainnya. (gas)

Post Terkait

banner 468x60