Penyekatan Jalur Pantura Pati Diperketat

  • Whatsapp
Operasi pelarangan mudik di wilayah Pati.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PATI – Jajaran Polres Pati memperketat pengawasan pemudik di jalur perbatasan. Meski tak diminta putar balik, namun setiap pemudik yang berhasil masuk ke wilayah Pati akan didata serta dilakukan tes antigen.

Kini jajaran Polres Pati juga telah menyiagakan pos pengamanan di Kecamatan Batangan dan Margorejo. Di pos itulah tahapan pengawasan pemudik dilakukan. Setiap kendaraan yang berasal dari luar wilayah akan dihentikan dan diperiksa.

Bagi pengemudi yang memang kedapatan hendak mudik maka akan diminta turun untuk dilakukan pemeriksaan. Baik sopir maupun penumpangnya juga akan dilakukan tes antigen. Bagi yang terbukti positif maka akan langsung diminta isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soewondo.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat melalui Kabagops Kompol Sugino untuk penyekatan itu sendiri diakuinya untuk meningkatkan pengawasan terhadap para pemudik yang lolos. Seperti pada Jumat (7/5) kemarin diketahui total ada 20 kendaraan yang disinyalir pemudik masuk ke Pati. Puluhan kendaraan itu berasal dari luar provinsi.

“Memang bukan kami minta untuk putar balik, melainkan kami lakukan tes antigen. Beruntung hasilnya semua negatif. Kami juga belum mendapati adanya pemudik dalam jumlah besar di satu rombongan,”tambahnya.

Rencananya posko pengamanan di perbatasan itu akan disiagakan selama operasi Ketupat Candi. Yakni mulai Kamis (6/5) hingga Senin (17/5) mendatang. Pos tersebut tiap regunya akan disiagakan 18 personil gabungan termasuk ketua pospam serta satu perwira. Selain polisi juga terdapat petugas dari TNI, Dishub, Dinkes, serta linmas.

Selain pengawasan di perbatasan, petugas kini juga telah melakukan pengawasan intensif bagi pemudik yang telah berhasil kembali ke kampung halaman. Mereka diketahui pemudik yang datang sebelum dan diawal puasa lalu.

“Mereka juga dilakukan tes antigen. Hasilnya ada lima orang yang diketahui reaktif dan kini telah diisolasi di RSUD Soewondo,”terangnya. (kal)