Penyebab Karhutla di Nagan Raya Aceh Masih Diselidiki Polres Nagan Raya

  • Whatsapp
Karhutla di Nagan
Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada (kiri) memberikan arahan kepada Bupati Aceh Barat Ramli MS (kanan) dan Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham (tengah) saat melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran lahan di perbatasan Aceh Barat-Nagan Raya di kawasan Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya, Selasa (2/3/2021). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MEULABOH – Kepolisian Resor Nagan Raya Provinsi Aceh kini melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah daerah di kabupaten tersebut yang mencapai sekitar 17,5 hektare.

BACA JUGA : Pria di Kabupaten Natuna Jadi Tersangka Karhutla Setelah Bakar Lahannya Sendiri – Nusadaily.com

Baca Juga

“Masih kami selidiki, apakah karhutla ini dibakar atau tidak, masih kami cari tahu,” kata Kapolres Nagan Raya Aceh AKBP Risno SIK di Suka Makmue, Kamis.

Menurutnya, penyelidikan yang dilakukan kepolisian setempat guna memastikan apakah dalam peristiwa kebakaran lahan di kabupaten tersebut memiliki unsur kelalaian atau kesengajaan.

Kapolres Risno juga menegaskan pihaknya juga sudah menjadwalkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap aparat desa di sekitar lokasi kejadian, guna dimintai keterangan terkait persoalan ini.

BACA JUGA : Dukungan Satgas Karhutla, KLHK siap satu unit Halikopter – Noktahmerah.com

Bahkan tidak menutup kemungkinan para pemilik lahan yang terbakar tersebut akan dimintai keterangan oleh penyidik.

“Lahan yang terbakar ini kan milik per orangan (warga), makanya kita selidiki untuk memastikan penyebabnya,” kata Risno menegaskan.

Sebelumnya, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada saat melakukan pemantauan ke lokasi kebakaran hutan dan lahan di perbatasan Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya pada Selasa (2/3) lalu menegaskan penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota di Aceh akibat dibakar.

BACA JUGA : BPBD: Fenomena Kabut Asap di Meulaboh Berasal dari Karhutla – Beritaloka.com

“90 persen karena dibakar, kata Kepala BPBA juga begitu, karena dibakar,” kata Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada.

Pelaku Pembakar Lahan di Daerah

Untuk itu, kapolda meminta kepada seluruh jajaran kepolisian di Aceh agar tidak ragu melakukan langkah hukum. Terhadap siapa pun pelaku pembakar lahan di daerah ini.

Ia juga menegaskan kepolisian akan menindak tegas siapa pun pelakunya.

Kapolda Aceh juga meminta kepada seluruh jajaran polres di Aceh. Agar tetap memroses siapa pun pelaku yang telah menyebabkan terjadinya kebakaran lahan.

“Sepanjang untuk kepentingan masyarakat, untuk kepentingan anak cucu kita, jangan ragu, jangan takut, tabrak,” kata Kapolda Wahyu Widada menegaskan.(ros)