Pemerintah Kabupaten Ende, Cepatlah Bangkit!!!

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – ENDE – Memperhatikan data positif Covid 19 di Kabupaten Ende yang makin melonjak tinggi, yang kini sudah menyebar hingga ke desa – desa, maka sangat diperlukan perhatian pemerintah daerah. Lebih serius menfokuskan perhatiannya baik pada upaya penanganan maupun upaya pencegahannya.

Fakta riil hari ini, Kecamatan Maurole angka positif melonjak tinggi dan di antara itu para tenaga kesehatan juga bagian dari pasien positif. Bahkan telah memakan korban meninggal dunia. “Saya mendesak pemerintah tidak menjadi penonton yang pasif, perlu bertindak cepat agar dapat mengendalikan penyebaran dan peningkatan pasien covid,” ujar Vinsen Sangu dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Ende.

Bila tidak segera pemerintah daerah Kabupaten Ende dan tim gugus tugas penanganan covid 19 turun tangan, maka angka positif covid 19 di Kecamatan Maurole dan kawasan utara kabupaten Ende akan terus melonjak.

Untuk itu Vinsen Sangu dari Fraksi PDI Perjuangan mendesak pemerintah dan tim gugus tugas untuk segera:

  1. Memimpin dan menangani langsung penanganan covid 19 di kecamatan Maurole, mengingat tim penanganan covid 19 di kecamatan Maurole sendiri selain ada yg menjadi terdampak covid 19 tapi juga tidak dilengkapi baik keterampilan, sarana pendukung maupun pengetahuan yang memadai
  2. Segera memperbanyak swab antigen ke kecamatan Maurole untuk penanganan swab kepada masyarakat Maurole terutama kepada orang-orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien covid 19.
  3. Segera memperpanjang masa istirahat pelayanan puskesmas Maurole, karena banyak nakes yang menjadi pasien positif covid 19 atau segera mengaktifkan kembali aktivitas puskesmas Maurole namun pemerintah daerah melalui dinas kesehatan melakukan kebijakan transisi terhadap tenaga kesehatan dengan menempatkan nakes yang mencukupi untuk masa waktu tertentu selama kondisi covid 19 belum pulih di area wilayah puskesmas Maurole atau selama Maurole masih zona merah untuk covid 19.
  4. Mendesak bupati Ende untuk mengeluarkan kebijakan khusus di wilayah kecamatan Maurole melalui menghentikan pelayanan publik di kecamatan Maurole seperti Kantor pemerintah, Bank, Pasar, sekolah dan segala bentuk kegiatan yang menimbulkan kerumuan warga sehingga pola dan peta penyebaran covid 19 bisa dikendalikan.

Kecamatan Maurole hari ini adalah cerminan kondisi wilayah yang terdampak covid tapi jauh dari pusat administrasi pemerintah daerah. Jauh dari pusat sekretariat Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid 19 kabupaten Ende.

“Sebagai wajah pelayanan dan perhatian dari pemerintah kabupaten, saya mendesak pemerintah untuk bergerak cepat dan bertindak tepat dalam penanganan covid 19 agar rakyat dan daerah kita dapat selamat dari ancaman kematian covid 19,” tegas Vinsen Sangu. (mrt/aka)