PCNU Banyumas: Silaturahmi Virtual Tak Mengurangi Berkah Lebaran

  • Whatsapp
Kesehatan
Ketua PCNU Kabupaten Banyumas Sabar Munanto saat memberi keterangan pers di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (4/5/2021). ANTARA/Sumarwoto
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PURWOKERTO – Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyumas Sabar Munanto menilai silaturahmi secara virtual saat Hari Raya Idul Fitri tidak akan mengurangi berkah Ramadan dan Lebaran.

“Kami prihatin bahwa saat ini kasus COVID-19 meningkat kembali, ada di India, Malaysia, tentunya kita di Indonesia harus berhati-hati,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa.

Baca Juga

BACA JUGA: Bakti Sosial TNI-Polri Sasar Warga Miskin dan Panti Asuhan di Banyumas – Nusadaily.com

Terkait dengan hal itu, dia mengimbau masyarakat yang bekerja di Banyumas maupun di luar wilayah tersebut untuk tidak kembali ke kampung halamannya saat Lebaran.

Menurut dia, hal itu perlu dilakukan jika masyarakat menyayangi keluarga agar tidak tertular COVID-19 sebagai ikhtiar manusiawi dalam menjaga kesehatan bersama.

“Oleh karena itu, mudah-mudahan kita bisa melaksanakan silaturahmi dengan jalan lain, yaitu melalui media media sosial yang kita miliki, ada video call, dan lain-lain, mudah-mudahan tidak mengurangi keberkahan Ramadhan dan Lebaran pada tahun ini,” katanya.

BACA JUGA: Bupati Banyumas Imbau Masyarakat Bijak dalam Berbelanja – Noktahmerah.com

Terkait dengan hal itu, dia mengajak semua pihak untuk mengindahkan apa yang menjadi kewajiban manusia. Yaitu menjaga kesehatan bersama merupakan suatu ibadah dalam rangka ikhtiar mencegah malapetaka yang mungkin melanda.

Menurut dia, hal itu bukan sekadar melaksanakan tugas atau anjuran dari pemerintah, tetapi mempunyai nilai ibadah ketika melaksanakannya.

Ia mengharapkan Allah SWT segera mengangkat pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini. Sehingga masyarakat bisa kembali menjalani kehidupan seperti sediakala.

BACA JUGA: Bupati Banyumas Imbau Masyarakat Bijak dalam Berbelanja – Imperiumdaily.com

“Mari bersama-sama menjaga situasi agar kesehatan masyarakat kita tetap terjaga,” katanya.

Sabar mengatakan hal itu dapat dilaksanakan masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam kehidupan sehari-hari termasuk saat beribadah.(eky)