Pasir Bercampur Butiran Emas di Pesisir Pantai Maluku Tengah

  • Whatsapp
Warga mencari butiran emas di Pantai Pohon Batu, Maluku Tengah. (Muslimin Abbas/detikcom)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALUKU TENGAH – Warga di Negeri Tamilouw, Kabupaten Maluku Tengah, geger. Beberapa warga setempat menemukan butiran-butiran emas bercampur dengan pasir di pantai. Warga pun mulai ramai mendulang di pesisir pantai Pohon Batu.


Salah satunya ibu rumah tangga bernama Syarifa Arey. Sejak pukul 08.00 WIT (Selasa, 22/3/2021), Syarifa bersama kedua kakaknya mendatangi pantai Pohon Batu karena mendengar kabar ada emas di pesisir pantai.

Baca Juga

BACA JUGA : BPBD Maluku Koordinasikan Kerusakan Rumah Akibat Cuaca Ekstrem di Maluku Tengah – Nusadaily.com


“Pukul 08.00 WIT dengar kabar sendiri sama kakak dua orang (yang pertama kali menemukan emas) ia,” kata Syarifa Arey di Pesisir Pantai Pohon Batu.


Syarifa bersama kedua kakaknya mendatangi lokasi pesisir pantai dengan membawa peralatan seadanya untuk mendulang emas. Niat awalnya hanya mencoba-coba akhirnya ditemukan butiran emas bercampur pasir di wadah miliknya.

BACA JUGA : Menko Luhut Dijadwalkan Tinjau Pengembangan SKPT di Maluku Utara – Beritaloka.com

Warga Mendatangi Pantai


Setelah kabar ditemukan emas di pesisir pantai, warga sekitar mulai ramai mendatangi dan melakukan aktivitas mendulang. “Awalnya sekedar mencoba-coba (mencari) ternyata ada (emas) sampai ramai mendulang, pakai kuali, karpet dan sekop,” ujarnya

Warga mencari butiran emas di Pantai Pohon Batu, Maluku Tengah. Foto: Warga mencari butiran emas di Pantai Pohon Batu, Maluku Tengah. (Muslimin Abbas-detikcom)


Warga Tamilouw, Latif Selanno mengatakan temuan emas bukan hal baru wilayah itu. DIa mengaku tahun 2019 mendapat sekitar 100 gram emas.

BACA JUGA : KKP Tertibkan Tiga Kapal Pelanggar Regulasi di Halmahera Tengah – Imperiumdaily.com

Bukan hanya di pesisir pantai, ada juga di sejumlah kali di Tamilouw.


“Tidak (bukan hal yang baru), saya sendiri pernah 100 gram tahun 2019 itu sendiri belum yang (orang) lain-lain, karena baru diposting (jadi heboh) sebenarnya sudah lama dan tidak heboh, yang penting rajin dapat 1 gram atau 2 gram per hari semua kali ada itu, di pantai ada, di kali ada di desa Tamilouw,” kata Latif Selanno, dikutip Nusadaily.com dari detik.com.(han)