Merapi Siaga, Mulai Keluarkan Awan Panas

  • Whatsapp
aktivitas merapi
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BOYOLALI – Gunung Merapi yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan DIY kini statusnya menjadi level III atau siaga, pasca beberapa kali mengeluarkan awan panas pada Rabu, 27 Januari 2021.

Menurut data yang diperoleh dari Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG, tercatat aktivitas Gunung merapi semakin meningkat.

tercatat 21 kali memuntahkan awan panas dengan estimasi jarak maksimum 1600 m. Teramati tinggi kolom tersapu angin kencang dari Barat ke Timur.

Selain itu, terjadi 4 kali Guguran dengan jarak luncur maksimum 800 m arah Barat Daya ( Kali Krasak dan Kali Boyong).

Himbauan kepada warga

REKOMENDASI

  1. Pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten agar melakukan upaya – upaya mitigasi dalam menghadapi ancaman bahaya erupsi G. Merapi yang terjadi saat ini.
  2. Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.
  3. Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar G. Merapi.
  4. Penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di G. Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan.
  5. Pelaku wisata direkomendasikan untuk tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dr puncak G. Merapi.
  6. Jika terjadi perubahan aktivitas G. Merapi yang signifikan maka status aktivitas G. Merapi akan segera ditinjau kembali.
  7. Untuk informasi resmi aktivitas G. Merapi masyarakat dapat mengakses informasi melalui Pos Pengamatan G.Merapi terdekat, radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz, media sosial BPPTKG, atau ke kantor BPPTKG, Jalan Cendana no. 15 Yogyakarta, telepon (0274) 514180 -514192. (nto/kal)