Kemampuan Produksi Padi di Bangka Mencapai 7,9 Ribu Ton

  • Whatsapp
Bupati Bangka, Mulkan (ANTARA/kasmono)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SUNGAILIAT, BANGKA – Kemampuan produksi padi hasil panen petani di Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencapai 7,9 ribu ton lebih atau baru mampu memenuhi kebutuhan beras masyarakat sebesar 19 persen.

BACA JUGA : Pemprov Kaltim Mendukung Ketahanan Pangan dengan Gerakan Tanam Padi – Nusadaily.com

Baca Juga


Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Senin, mengatakan, produksi padi sawah di daerahnya saat ini baru mencapai 7,9 ribu ton pada setiap musim dari 1.991,1 hektare lahan sawah yang digarap petani atau 19 persen kemampuan memenuhi kebutuhan beras untuk masyarakat.

“Rata-rata produksi panen padi sebanyak empat ton per hektare. Dengan musim tanam satu sampai dua kali setahun karena keterbatasan sarana irigasi,” jelasnya.

BACA JUGA : Posko Crisis Center Sriwijaya Air SJ -182 Supadio Ditutup – Noktahmerah.com


Bupati optimis produksi padi dapat meningkat karena potensi lahan sawah baku cukup luas mencapai 2.948,41 hektare dan yang sudah digarap seluas 1.991,1 hektare atau masih 950 hektare lahan sawah yang belum maksimal digarap petani.

“Kami terus mengembangkan sektor pertanian dengan melakukan inovasi pemanfaatan lahan bekas tambang biji timah untuk area persawahan,” jelasnya.

BACA JUGA : Penunjukan Langsung Proyek Pengadaan Benih Padi di Sumbawa Sudah Sesuai Aturan – Imperiumdaily.com


Pihaknya juga mendorong petani yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan untuk memaksimalkan menggarap lahan sawah. Mengingat masih terdapat ratusan hektare lahan sawah baku belum maksimal digarap.

“Sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang diunggulkan karena memiliki potensi area cukup luas. Serta diyakini mampu membantu peningkatan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan,” jelasnya.(lal)