Kapal Tongkang Tabrak Lima Rumah Warga Tepi Sungai Batanghari

  • Whatsapp
kapal tongkang
Kondisi rumah warga yang tertabrak kapal tongkang di alur sungai Batanghari, Jambi.(ANTARA/HO)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-JAMBI – Kapal tongkang Gandasari 2706 yang ditarik Tag Boad Aditya 56 menabrak lima rumah warga di pinggiran Sungai Batanghari.

Tongkang dari arah Sabak menuju Kota Jambi itu menabrak rumah yang masuk RT 01, Desa Rondang, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi.

Baca Juga

Peristiwa itu terjadi Senin 27 April 2020 sekitar pukul 05.00 WIB. Demikian jelas Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Jambi, AKBP Irwan Andy, Selasa 28 April melalui keterangan resminya.

Tag Boad Aditya 56 dikemudikan oleh Kapten Kapal Stevean Bin Suwarno. Ia dipandu Husen. Mereka sedang menarik kapal tongkang muatan kosong.

Ketika kapal melintas di Sungai Batanghari dekat pemukiman warga, kapal hilang kendali. Lalu kapal tongkang berbadan lebar menabrak lima unit bangunan rumah warga di RT 01 Desa Rondang.

Diperkirakan arus sungai Batanghari yang cukup deras mendorong bagian lambung kapal sebelah kanan mengarah ke pemukiman warga itu. Lambung itu langsung menghantam rumah-rumah dari kayu itu.

Peristiwa tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa. Karena warga segera menyadari dan berlari keluar rumah. Namun lima unit rumah warga rusak parah beserta isinya.

Akibat insiden tersebut, pihak pemilik kapal sudah ke lokasi kejadian untuk melakukan negoisasi dengan korban. Dari hasil musyawarah secara kekeluargaan, pemilik Kapal Aditya 56 dan Kapal Tongkang Gandasari 2706 sepakat untuk memberikan ganti rugi. (yos)