Kadiskes Denpasar: Proses Vaksinasi COVID-19 Diperkirakan Tuntas 1,5 Bulan

  • Whatsapp
Vaksinasi COVID
Ilustrasi-Saat Pangdam IX/Udayana divaksin COVID-19 di RSUD Wangaya, Denpasar, Bali, Jumat (15/01/2021). ANTARA/HO-Kodam IX/Udayana. (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021)

NUSADAILY.COM – DENPASAR – Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Denpasar, Bali dr. Luh Putu Sri Armini mengatakan bahwa proses vaksinasi COVID-19, di 17 fasilitas kesehatan wilayah Denpasar, diperkirakan tuntas sekitar 1,5 bulan.

BACA JUGA: Bupati Hingga Tokoh Agama Akan Ikut Vaksinasi Perdana di Banyuwangi – Nusadaily.com

Bacaan Lainnya

 “Total tenaga kesehatan yang terima vaksin ada sekitar 14 ribu sekian dan akan diskrining lagi dan prosesnya bertahap dengan memakan waktu 1,5 bulan,” kata Kadiskes Denpasar, saat dikonfirmasi di Denpasar, Bali, Sabtu. 

Ia mengatakan bahwa untuk wilayah Denpasar, sudah menerima 24.280 vial vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan sudah terdistribusi ke 17 lokasi fasilitas kesehatan.

Adapun 17 fasilitas kesehatan tersebut, di antaranya 11 puskesmas, satu fasilitas kesehatan pelabuhan, dan lima rumah sakit. “Untuk seluruhnya kita terima dari propinsi 24.280 vial vaksin kemudian sudah terdistribusi kemarin untuk memvaksin 1964 vial.

BACA JUGA: Video Dubbing Kocak Ini Hibur Warga Malang Raya – Noktahmerah.com

Lokasinya di 17 tempat, 11 puskesmas, satu kesehatan pelabuhan, lima rumah sakit yaitu RSAD Denpasar, RS Bhayangkara, RS Bali Mandara, RSUD Wangaya dan RSUP Sanglah,” jelasnya. 

Pihaknya mengajak baik tenaga kesehatan maupun masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Kuncinya tetap melakukan 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Meskipun sudah tervaksin tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang benar. Sebelumnya, beberapa pejabat di lingkungan pemerintahan Provinsi Bali telah melakukan vaksinasi COVID-19. Salah satunya Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, yang divaksinasi di Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya, pada Jumat, (15/01). 

BACA JUGA: Gresik Daerah Pertama di Jatim Melakukan Vaksinasi Covid-19 – Javasatu.com

“Jangan takut untuk divaksin, yang saya lakukan ini untuk diri saya sendiri dan sebagai tauladan kepada prajurit saya maupun masyarakat bahwa vaksinasi ini bertujuan untuk menumbuhkan kekebalan dalam tubuh serta memperkecil risiko penularan COVID-19,” tegas Pangdam. 

Vaksinasi Pangdam

Setelah melakukan vaksinasi Pangdam menyerahkan alat pengukur suhu otomatis dan hand sanitizer kepada Wakil Direktur Administrasi Umum RSUD Wangaya Drs I Gusti Agung Putra Dhyana didampingi Kabid Pelayanan Medik RSUD Wangaya sebagai wujud kepedulian Pangdam kepada tenaga kesehatan di masa COVID-19.(ros)

Pos terkait