Gempa 5,0 Magnitudo Terjadi di Kabupaten Tapanuli Selatan

  • Whatsapp
Gempa
Peta pusat gempa di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.(ANTARA/HO BMKG)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MEDAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa tektonik dengan magnitudo 5,0 yang terjadi di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, pada Senin pukul 11.57 WIB tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Menurut siaran pers BMKG, pusat gempa itu berada di laut pada kedalaman 74 km di sekitar 71 km arah barat daya Kota Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Baca Juga

BACA JUGA: Jepang Kembali Berduka, Gempa M 7,1 Mengguncang Fukushima – Nusadaily.com

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi itu termasuk gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi yang terjadi di wilayah Tapanuli Selatan memiliki mekanisme pergerakan naik.

BACA JUGA: BMKG Mencatat 646 Kali Terjadi Gempa Bumi di Indonesia Sepanjang Januari 2021 – Noktahmerah.com

Menurut BMKG, getaran akibat gempa itu dirasakan di daerah Aek Godang, Pandan-Tapanuli Tengah, dan Sibolga pada skala III MMI, dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan ada truk berlalu.

BACA JUGA: Gempa M 5,5 Guncang Barat Daya Pesisir Barat, Tak Berpotensi Tsunami – Imperiumdaily.com

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi tersebut. 

Warga di sekitar pusat gempa diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak, memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal tanah gempa. Serta memastikan tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan.(eky)