Dukung Percepatan Pemulihan Bencana Alam, TNI AU Angkut Personel dan Bantuan

  • Whatsapp
Pesawat C-130 Hercules TNI AU yang likut mendukung percepatan Pemulihan Bencana Alam
banner 468x60

NUSADAILY. COM – JAKARTA – TNI Angkatan Udara kembali melakukan pendistribusian bantuan kepada korban bencana alam di Mamuju, Majene Sulawesi Barat serta Kalimantan Selatan.

Kadipenau Marsma TNI Indan Gilang,B Mengatakan, operasi bantuan kemanusiaan ini guna percepatan pendistribusian bantuan,

“Ada dua pesawat Hercules diberangkatkan hari ini untuk mengangkut bantuan logistik dan pasukan,” Ujar Marsma TNI Gilang dalam siaran persnya Minggu (17/1/2021).

Pesawat yang di berangkatkan tersebut adalah jenis pesawat C-130 Hercules Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma dengan nomer lambung A- 1321. Bertindak sebagai pilot Kapten Penerbang Galang dengan mengangkutl Pasukan sebanyak 104 personel dari Korpaskhas, marinir, Kostrad dan Bekangdam Kodam Jaya.

Pesawat tersebut juga mengangkut barang bantuan logistik berupa LCR 11 unit dari Paskhas, 2 unit dari Koopsau I, dan 4 unit dari Marinir. Selain itu dari Dharma Pertiwi dan Bekangdam Jaya juga memberikan bantuan sembako dengan total keseluruhan 5.524 Kg.

Sementara untuk pesawat pesawat Hercules A-1337 yang dipiloti Oleh Kapten Penerbang Endrik mengangkut barang bantuan logistik dari Dharma Pertiw,i berupa Tenda Lapangan dengan total 1.672 Kg, dan Tenda Lapangan, Genset, Kasur, dan peralatan dapur dengan total 4.149 Kg, dari kementeri Sosial RI selain itu serta bantuan dari PIA Ardhya Garini berupa Air mineral dan Mie Instan dengan total 1.400 Kg. Yang dikuti bantuan dari IKKT Bais TNI, Persit Kodam Siliwangi, IKKT Sesko TNI sebanyak 1.711 Kg, dengan total keseluruhan 8.932 Kg.

Di informasikan juga Pesawat C-130 Hercules TNI AU melakukan evakuasi penduduk Mamuju menuju Makassar sejumlah 89 orang dewasa dan 13 anak serta 2 pasien, dalam kondisi koma dan pasca melahirkan. (sir/kal)