Dinsos Banjarmasin Siapkan Anggaran Penanganan Kebakaran

  • Whatsapp
Banjarmasin Siapkan
Kadinsos Banjarmasin Iwan Ristianto.(Antaranews Kalsel/Sukarli)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANJARMASIN – Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Iwan Ristianto menyampaikan, disiapkan anggaran sekitar Rp500 juta untuk penanganan musibah kebakaran pada 2021 ini.

BACA JUGA : 14 Mobil Damkar Tangani Kebakaran Apartemen Masterpiece Episentrum – Nusadaily.com

Menurut dia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat, anggaran tersebut untuk membantu meringankan beban bagi korban kebakaran.

Bantuan bagi korban kebakaran tersebut disalurkan tidak berbentuk tunai, melainkan barang-barang yang diperlukan korban.

Dia menyebutkan bantuan tersebut berupa kebutuhan sehari-hari, seperti pakaian, kasur hingga barang pecah belah, piring dan lainnya.

BACA JUGA : Kebakaran di Phikei Wamena Hanguskan Enam Ruko – Noktahmerah.com

“Nilai bantuannya antara Rp1 juta hingga Rp1,5 juta per kepala keluarga,” tuturnya.

Iwan menyebutkan, bantuan untuk korban kebakaran ini sudah cukup banyak dikeluarkan pada bulan April 2021i, sebab saat itu cukup banyak terjadi kebakaran.

“Secepatnya kami bantu para korban jika terjadi kebakaran,” tuturnya.

BACA JUGA : Sedikitnya 27 Tewas Dalam Kebakaran di RS COVID-19 Baghdad – Beritaloka.com

Selain di Dinsos, ungkap Iwan, bantuan bagi korban kebakaran ini juga ada dari pemerintah kota melalui bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra).

Uang Tunai Rp2 Juta Per KK

“Ini berupa uang tunai yang besarannya Rp2 juta per kepala keluarga,” tuturnya.

Dia berharap masyarakat terus waspada terhadap musibah kebakaran ini, di mana hal-hal yang berpotensi menyebabkan itu hendaknya ditangani dengan baik.

Sementara itu, Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Banjarmasin merilis, pada April ini ada sebanyak 11 kali terjadi musibah kebakaran di Kota Banjarmasin.

“Sudah terjadi 11 kali kebakaran dalam april ini. Dalam ramadhan ini sudah terjadi 8 kali. 80 persen wilayah permukiman yang terbakar,” ujar Kabid Damkar di Satpol PP dan Damkar Kota Banjarmasin Said Abdulrahman.

Menurutnya, selama April 2021, kebakaran terjadi paling banyak di wilayah Banjarmasin Barat. Sebut saja salah satunya di Jl Saka Permai dan Simpang Bali yang terjadi Kamis (29/04) siang.

Bahkan Said menyebut, kebakaran di wilayah tersebut adalah kejadian yang paling besar selama April 2020.

Berdasarkan data BPBD setempat, ada empat buah rumah warga yang terbakar. Dua rumah dinyatakan rusak berat, dan dua rumah lagi rusak ringan.(ros)