BPIP Tunjuk Kalimantan Selatan Tempat Lokakarya Pendidikan Pancasila

  • Whatsapp
Kepala Pusat Data dan Informasi BPIP, Yakob, saat bersama mengadakan rapat dengan Pemprov Kalsel Senin 2 November 2020 di Banjarbaru. BPIP for Nusadaily.com
banner 468x60

NUSADAILY COM – JAKARTA – Provinsi Kalumantan Selatan ditunjuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI sebagai lokasi kegiatan lokakarya pendidikan pelatihan ideologi Pancasila 17-20 November 2020.

Dipilihnya provinsi tersebut karena masyarakat di wilayah ini secara historis telah mempunyai nilai Pancasila dari leluhur, dan disamping itu tempat ini akan di jadikan percontohan pelaksanaan lokakarya pendidikan pelatihan ideologi Pancasila di provinsi lainnya di Indonesia.

Baca Juga

Hal tersebut di ungkapkan Kepala Pusat Data dan Informasi BPIP, Yakob, Senin 2 November 2020 di Banjarbaru.

“Jadi, konflik politik tidak ada, etnis juga tidak ada. Makanya di sini kita jadikan proyek percobaan karena ini bagian dari kultur masyarakat yang pancasilais,” Tutur Yakob

Masih kata Yakob, pertimbangan lainnya Kalsel mempunyai beberapa unsur yang menjadi salah satu penentunya adalah kultur geografis baik dari segi masyarakat dan lain sebagainnya

“Ini kenapa Kalsel itu dipilih menjadi sasaran kami untuk melakukan lokakarya,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Perencanaan dan Kerja Sama BPIP, Sadono Sriharjo mengatakan teknis lokakarya yang akan dilakukan adalah penyusunan cetak biru sistem nasional pendidikan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila.

Yaitu bagaimana secara substansi ada pengembangan dari aspek kelembagaan dalam suatu sistem nasional tersebut. Kemudian bagaimana pembangunan jejaring kerja nasional dilakukan dalam sistem nasional.

Bagaimana pengelolaan sumber daya nasional yaitu SDM, sumber daya fisik, sarana prasarana, sumberdaya keuangan dan sumber daya informasi dalam sistem nasional pendidikan dan pembinaan ideologi pancasila.

“Artinya dalam konteks ini BPIP tidak bisa berdiri sendiri tapi harus dilakukan secara bersama-sama dengan segenap komponen bangsa. Sehingga menyentuh ke seluruh wilayah NKRI,” ujarnya.

Menyasar ASN

Lebih lanjut Sadono memaparkan kegiatan lokakarya pendidikan pelatihan ideologi Pancasila akan menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk TNI dan Polri, kemudian organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, serta lembaga pendidikan, agama, komunitas dari tingkat pusat sampai tingkat bawah.

BACA JUGA: Presiden Prancis Singgung Islam, BPIP: Kita Kutuk Keras Pernyataan Macron

“Jadi secara keseluruhan targetnya mencakup wilayah NKRI,” pungkasnya.

Sebagai informasi pelaksanaan kegiatan lokakarya pendidikan pelatihan ideologi pancasila di Kalsel akan digelar secara offline. Hal tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.(sir/kal)