BPBD Riau Minta Daerah Segera Bentuk Satgas Antisipasi Karhutla

  • Whatsapp
Riau
Titik panas terpantau di Riau kendati tidak ada api, Senin (14/6), namun daerah perlu siaga. (Foto:Antara).

NUSADAILY.COM – PEKANBARU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau meminta kepala daerah di wilayah itu segera membentuk satgas pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) guna mengantisipasi terjadinya kebakaran di bumi berjuluk “Lancang Kuning” itu.

“Kendati hari ini tidak ada titik api, hanya titik panas saja, namun demikian pemerintah kabupaten dan kota perlu meningkatkan kesiapsiagaan pencegahan karhutla di Riau,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal, di Pekanbaru, Senin.

BACA JUGA: PTPN V Bantu Rp85,25 Juta Untuk Atlet Taekwondo Riau ke PON XX Papua – Nusadaily.com

Pembentukan satgas tersebut, menurut dia, tetap berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Riau yang segera diterbitkan, menyusul Riau kini sudah mulai dilanda kemarau.

Kendati SE itu masih dalam proses, katanya, pemerintah kabupaten dan kota bisa segera membentuk satgas hingga ke tingkat desa.

“Titik panas memang terpantau, namun setelah dilakukan pengecekan tidak ditemukan ada kebakaran lahan di lokasi titik panas tersebut,” katanya.

Edy mengatakan, pihaknya bersama Satgas Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau terus berupaya untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan di daerah itu.

BACA JUGA: Keikutsertaan Riau di PON Papua Terkendala Dana – Noktahmerah.com

Uopaya itu, katanya, antara lain dengan mengaktifkan kembali patroli udara untuk memantau sejak dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Riau. Dengan patroli ini diharapkan petugas bisa langsung melakukan pemadaman jika ditemukan titik api yang baru muncul.

“Kami mulai mengefektifkan patroli udara, kemudian kawan-kawan di kabupaten/kota juga sudah diminta untuk melakukan patroli rutin mendeteksi secara dini terjadinya kebakaran lahan di wilayahnya masing-masing,” kata Edy.(eky)

Pos terkait