BPBD Bengkayang Beri Perhatian Khusus 4 Daerah Rawan Karhutla

  • Whatsapp
Karhutla
Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis saat silaturahim bersama OPD dan Camat di Bengkayang (ANTARA/Wati)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PONTIANAK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkayang, Kalimantan Barat memberikan perhatian khusus empat daerah rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang memiliki lahan gambut dan terdeteksi munculnya titik hotspot.

“Setidaknya ada empat daerah yang menjadi antisipasi dan rawan terjadi Karhutla di Bengkayang yakni Sungai Duri, Sungai Raya Kepulauan, Sanggau Ledo, dan Jagoi Babang. Saat ini untuk titik-titik hotspot yang sudah muncul tersebar di dua wilayah yaitu Sungai Raya dan Sungai Raya Kepulauan,” ujar Plt Kepala BPBD Kabupaten Bengkayang, Damianus saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Baca Juga

BACA JUGA: KBM Secara Tatap Muka di Bengkayang Kembali Ditunda – Nusadaily.com

Ia menjelaskan bahwa untuk titik-titik (panas) yang muncul berada di lahan korporasi. Saat ini sedang dalam pantauan BPBD Kabupaten Bengkayang dan Muspika .

‘Kami dibantu desa tanggap bencana serta instansi terkait, termasuk TNI Polri sudah bersiaga di lokasi-lokasi yang dianggap rawan karhutla. Yang jelas saat ini kita sudah siaga karhutla,” katanya.

BACA JUGA: Kepala Daerah Terpilih di Jatim Dilantik Besok, Dibagi 3 Sesi – Javasatu.com

Karhutla Menjadi Perhatian Serius Oleh Gubernur Kalbar

Sementara itu, Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis menyatakan karhutla menjadi salah satu prioritas dalam pelaksanaan penanganan antisipasi di wilayah Kabupaten Bengkayang dalam waktu dekat. Hal tersebut dilontarkan Darwis mengingat masalah karhutla menjadi salah satu yang menjadi perhatian oleh Gubernur Kalbar di beberapa daerah yang rawan karhutla, termasuk di antaranya Kabupaten Bengkayang.

“Tentunya itu menjadi prioritas kita karena Bengkayang banyak sekali titik-titik api apalagi di daerah pesisir. Seperti Kecamatan Sungai Raya, Sungai Raya Kepulauan, acap kala ada gambut ya ini tentunya menjadi perhatian kita,” kata dia.

BACA JUGA: PJ Bupati Ajak Masyarakat Bersatu Bangun Bengkayang Usai Pilkada – Imperiumdaily.com

Darwis juga memastikan bahwa sebelumnya pihaknya turut andil dalam rakor mengenai Karhutla yang dilaksanakan di tingkat provinsi dilakukan pencegahan karhutla yang mungkin kapan saja terjadi.

“Sesuai dengan instruksi dari Presiden dan Gubernur Kalbar agar karhutla ini mampu diredam di seluruh kabupaten. Termasuk Kabupaten Bengkayang yang punya potensi terjadinya karhutla,” tutupnya.(eky)