Banjir dan Longsor Terjang Bogor, Tagana Kemensos Gerak Cepat

  • Whatsapp
tagana banjir
Suasana lingkungan Bogor pasca banjir bandang. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NUSADAILY.COM – JAKARTA – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kementerian Sosial, Kabupaten Bogor bergerak cepat melakukan upaya tanggap darurat bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kp. Cikoneng, Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur, Senin (21/09).

Baca Juga

Menurut keterangan Anggota Tagana, Jaja Suryaningrat, saat ini Tagana Kabupaten Bogor bersama pihak RW setempat sedang melakukan pendataan dan Pembersihan Puing dan lumpur longsoran.

“Data sementara terdapat dua rumah rusak berat terendam lumpur dan longsoran,” ujarnya di Jakarta, Selasa 22 September 2020.

BACA JUGA: Banjir Bandang Sukabumi, Beberapa Rumah Rusak

Ditempat Terpisah, Tagana Aef Saepuloh, melaporkan bahwa hasil assessment sementara , bahwa terjadi longsor di Kp.Hongbu RT.04/04 Desa Cijeruk Kecamatan Cijeruk yang mengakibatkan akses jalan ke rumah warga tertutup, dan merusak 5 rumah warga atasnama Bpk. Aim, Bpk.H.Ateng, Bpk Jumsih, Bpk. Ujang dan Bpk. Jeje. Saat ini mereka diungsikan dirumah sanak saudara.

Salah satu Tagana pamijahan menambahkan bahwa akibat hujan deras telah mengakibatkan terputusnya jalan menuju perkampungan warga dan mengakibatkan longsoran serta lumpur masuk kedalam rumah, pembersihan dan assessment dilanjutkan hari ini karena semalam terkenada penerangan dan hujan .

BACA JUGA: Tiga Orang Hanyut dalam Banjir Sukabumi

Selain itu, H.Taopik selaku Koordinator Tagana Kabupaten Bogor yang berada di Posko Tagana mengatakan, bahwa hujan deras menerjang sebagian wilayah Di kabupaten bogor menyebabkan beberapa titik jalan longsor penghubung kedua kampung rusak serta merendam puluhan rumah warga dan tempat ibadah yang rusak berat yang terletak dibeberapa kecamatan seperti pamijahan, Cisarua, Sukajaya dan Sukamakmur”

“Sampai saat ini kami masih melakukan pendataan dan untuk sementara warga kami himbau untuk mengungsi ke rumah kerabat atau saudara,” tambah. (hud)

Post Terkait

banner 468x60