Aneh! Ada Fenomena Waterspout di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

  • Whatsapp
Penampakan waterspout di Wonogiri.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – WONOGIRI – Peristiwa aneh terjadi di Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah Rabu.(20/1). Yaitu adanya awan bergulung alias angin purting beliung dari atas ke bawah.

Menurut analisis sementara Forecaster On Duty – UPT BMKG Stamet A. Yani Semarang,
analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya sirkulasi siklonik di selatan Indonesia. Yang memicu terbentuknya belokan angin dan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga

Kondisi tersebut didukung dengan masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas.

Sehingga mendukung proses pembentukan awan hujan di Jawa Tengah, khususnya wilayah Wonogiri.

Indeks ENSO di NINO 3.4: -0.90 yang dapat mempengaruhi peningkatan hujan di wilayah Indonesia. Selain itu fenomena MJO aktif tetapi tidak cukup berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Berdasarkan pantauan dari citra satelit dan radar, BMKG Ahmad Yani Semarang telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrim dari pukul 13.50 WIB.

Dan telah di update pukul 16.25 WIB dan Wonogiri termasuk salah satu wilayah yang masuk dalam peringatan dini tersebut.

Waterspout adalah angin puting beliung yang berada di atas permukaan air (dapat berupa danau maupun laut). Waterspout terhubung dengan beberapa awan. Seperti cumulus congestus, cumuliform dan cumulonimbus.(aka)