Anak di Bawah Umur Pelaku Pencurian Diamankan Polres Singkawang

  • Whatsapp
pelaku pencurian
Kasat Reskrim Polres Singkawang, AKP Tri Prasetiyo menunjukkan barang bukti hasil Curat yang dilakukan oleh dua orang pelaku yang salah satunya merupakan anak di bawah umur (Rudi)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PONTIANAK – Kepolisian Resor Singkawang  Kalimantan Barat mengamankan pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) yang terjadi di wilayah Singkawang yang dilakukan oleh anak di bawah umur yang baru keluar dari Lapas anak.

BACA JUGA : Polresta Malang Kota Tangkap Dua Pelaku Pencurian Bengkel – Nusadaily.com

“Kami mengamankan dua orang pria masing-masing berinisial YG dan AS. Namun YG ini adalah merupakan anak di bawah umur, yang baru saja keluar dari Lapas pada 17 Agustus 2020 lalu,” kata Kasat Reskrim Polres Singkawang, AKP Tri Prasetiyo, Rabu.

Saat dilakukan interogasi, tersangka mengakui telah melakukan aksi pencurian dengan pemberatan di dua TKP yang berbeda. “TKP pertama terjadi di Jalan Sekawan Kelurahan Roban dan Jalan Suhada Kelurahan Roban,” tuturnya.

Dari TKP pertama, kedua pelaku berhasil mengambil satu unit telepon genggam beserta tas. Dimana menurut korban jika di dalam tas tersebut berisikan uang senilai Rp10 juta.

BACA JUGA : Pencuri Uang SPBU saat Salat Jumat Dibekuk Polisi Palangkaraya – Noktahmerah.com

“Dari uang tersebut, dibelikan oleh kedua tersangka berupa jam tangan merk Casio dan satu kasur. Sedangkan sisanya sudah habis untuk mereka berfoya-foya,” ungkapnya.

Pada saat dilakukan penangkapan dan penggeledahan, anggota menemukan petunjuk lain kemudian dilakukan pengembangan dan didapati TKP yang kedua. “Dari TKP kedua tersangka berhasil mengambil dua unit telepon genggam,” jelasnya.

Modus yang tersangka lakukan adalah membongkar dan masuk ke rumah kosong dengan waktu pagi hari. “Karena dari dua TKP yang sudah kami buktikan, keduanya dilakukan pada pukul 04.00 WIB,” tuturnya.

BACA JUGA : Polsek Asembagus Ungkap Pencurian Kayu Hasil Hutan – Imperiumdaily.com

Kedua pelaku akan dikenakan Pasal 363 ayat 1 ke-3 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman pidana maksimal 7 tahun penjara.

“Kami masih terus melakukan pengembangan, karena diduga masih ada TKP-TKP lainnya dari aksi mereka,” katanya.(ros)