Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNusantaraNilai Ekspor Golongan Barang Rempah-rempah Sumut Mulai Naik

Nilai Ekspor Golongan Barang Rempah-rempah Sumut Mulai Naik

NUSADAILY.COM – MEDAN – Nilai ekspor kelompok barang kopi, teh dan rempah-rempah Sumatera Utara mulai meningkat dengan total selama semester I 2021 sebesar 169,320 juta dolar AS.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Ada tren peningkatan ekspor di golongan barang itu. Kalau pada Mei masih senilai 21,351 juta dolar AS, maka pada bulan Juni menjadi 28,417 juta dolar AS,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Kamis.

BACA JUGA : Polda Kepri Tahan ASB Terkait Korupsi Ekspor Perikanan

Peningkatan nilai ekspor kopi, teh dan rempah-rempah itu merupakan dampak meningkatnya volume ekspor akibat naiknya permintaan.

Peningkatan ekspor kopi, teh dan rempah-rempah itu pada bulan Juni cukup menggembirakan. Apalagi terjadi di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

BACA JUGA : Maskapai Garuda Optimalkan Bisnis Angkutan Logistik Ekspor

“Meski secara total, ekspor golongan barang itu pada semester I 2021 lebih rendah dari 2020. Tetapi ada kenaikan sejak Juni,” katanya.

Sub Koordinator Informasi dan Sarana Teknis Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, Sari Narulita Hasibuan menyebutkan, BBKP Belawan, sudah menetapkan komoditas unggulan di Sumut termasuk rempah-rempah.

BACA JUGA : Ekspor Produk Kerajinan ke Jepang Menembus 10,32 Juta Dolar AS

Desa yang memiliki rempah-rempah dibina untuk bisa menjadi kualitas ekspor dan diekspor.

“Dengan dibina, diharapkan tumbuh eksportir baru dan volume ekspor meningkat,” katanya.

Ada pun salah satu negara tujuan ekspor rempah-rempah Sumut adalah India.(lal)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Pakar Politik Nilai PDIP Jadi Kunci Prabowo Menang Pilpres 2024

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Dukungan kepada Prabowo Subianto untuk maju menjadi calon presiden digaungkan sejumlah kalangan salah satunya baru-baru ini dari Persatuan Purnawirawan Indonesia...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily