Nurochman Daftar Bacawali Kota Batu Naik Vespa

Iya tanggal ini juga tanggal ditetapkannya Undang-undang Pembentukan Kota Batu sesuai UU 11 tahun 2001. Semoga ini juga membawa berkah bagi pencalonan ini

Jun 21, 2024 - 18:57
Nurochman Daftar Bacawali Kota Batu Naik Vespa
Nurochman ketika mendaftar bakal calon Wali Kota Batu dengan mengendarai vespa ke kantor DPC PKB Kota Batu di Jalan Samadi

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Nurochman mendaftar bakal calon Wali Kota Batu ke DPC PKB Kota Batu dengan mengendarai vespa. Pria yang juga Ketua DPC PKB Kota Batu ikut diiringan puluhan penggemar motor vespa ketika menyerahkan berkas di kantor DPC Kota Batu, Jalan Samadi Kota Batu.

 

"Banyak alasan pendaftaran kali ini. Mulai bersama teman-teman penggemar vespa termasuk dalam pemilihan tanggal pendaftaran," kata Nurocman usai menyerahkan berkas pendaftaran di desk Pilkada PKB Kota Batu, Jumat (21/6/2024).

 

Disebutkan memilih mengendarai Vespa saat mendaftar, karena mengaku kendaraan pertama yang dimilikinya adalah sepeda motor vespa jenis PX 150 s warna merah maroon. Sedangkan memilih tanggal 21 Juni 2024 ketika mendaftar ini karena penuh arti. Menurutnya, tanggal tersebut sangat penting bagi Kota Batu.

 

"Iya tanggal ini juga tanggal ditetapkannya Undang-undang Pembentukan Kota Batu sesuai UU 11 tahun 2001. Semoga ini juga membawa berkah bagi pencalonan ini," kata Cak Nur panggilan akrab ketua DPC PKB Kota Batu.

 

Tanggal 21 Juni, lanjut dia, juga penuh arti. Tanggal itu tanggal kelahiran sang proklamator Republik Indonesia, Soekarno. Semangat itulah jadi hal yang sangat penting bagi proses perjuangan. 

 

Ia melanjutkan, pencalonan ini lebih pada hasil mengamati masyarakat Kota Batu. Termasuk bagaimana untuk membangkitkan partisipasi kepada kotanya. "Setidaknya masyarakat harus bisa berperan sekecil apapun disegala bidang," ujar Cak Nur yang sudah tiga kali menjadi anggota DPRD Kota Batu.

 

Cak Nur, sapaan akrabnya juga sampaikan masyarakat harus sadar di alam yang menyatu dari kondisi yang bersifat merusak. "Dengan demikian   kita ajak menjaga ekosistem alam di Kota Batu," tutur Cak Nur di sesi konferensi pers di halaman kantor DPC PKB Batu, Jalan Samadi Pesanggrahan Batu. 

 

Jadi, ucap Cak Nur, dalam pencalonan ini perlu dukungan dari masyarakat kota ini. Bila tidak ada dukungan kuat dari masyarakat Batu akan percuma.

 

"Intinya dengan penataan pemerintahan yang baik akan bisa mengatasi hal yang fundamental. Seperti murah sandang pangan, sadar kewarasan dan nyambut gawe mudah," tuturnya. 

 

Meski PKB Kota Batu sudah memiliki modal 6 kursi legislatif hasil pileg 2024 lalu, besar kemungkinan masih membutuhkan koalisi. Sampai saat ini, kata Cak Nur, ada beberapa partai yang sudah intensif komunikasi. Setidaknya ada 3 parpol antara lain PKS, Gerindra dan Nasdem.

 

Sementara itu, Ketua Desk Pilkada Kota Batu, Asep Gozi mengatakan pada saat pendaftaran dibuka hanya Cak Nur yang dianggap serius. Sebelumnya, ada pendaftar bernama Agung Perkasa yanga hanya ambil formulir tetapi tidak melengkapi berkas.

 

"Pada hari ini Cak Nur mendaftar sekaligus membawa berkas pendaftaran. Kalau kami teliti dan kita anggap komplit akan kami kirimkan ke DPP," ujar Asep.

 

Selanjutnya, setelah diterima oleh DPP akan dipanggil untuk mengikuti uji kompetensi. "Semoga semua bisa berjalan lancar," pungkasnya. (wan)