Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaNewsWSBK di Mandalika, Gubernur NTB Pastikan Kesiapan Daerah

WSBK di Mandalika, Gubernur NTB Pastikan Kesiapan Daerah

- Advertisment -spot_img

NOKTAHMERAH.COM – Mataram – Gubernur Nusa Tenggara Barat H. Zulkieflimansyah memastikan kesiapan daerah, termasuk sirkuit Mandalika, untuk menggelar Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) mulai 19 hingga 21 November 2021.

Gubernur NTB mengemukakan hal itu dalam rapat koordinasi bersama Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Perekonomian di Kantor ITDC, Kuta, Lombok Tengah, Minggu (26/9/2021).

Meskipun sempat terkendala logistik dan entri data capaian vaksinasi, kata Zulkieflimansyah, vaksinasi khusus Lombok Tengah akan mencapai 70 persen dalam pekan ini.

Ia menyebutkan vaksinasi di provinsi ini mencapai 40 persen. Sedangkan Lombok Tengah sebanyak 50 persen, meski di lapangan angka itu lebih besar daripada data yang telah pihaknya kirim ke pusat.

Kesiapan lainnya, lanjut Gubernur NTB, seperti bandara, jalan bypass Mandalika, dan rumah sakit.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Lombok Tengah L. Firman Wijaya mendukung pemerintah provinsi dalam menyukseskan WSBK. Hanya saja ia meminta penyelenggara benar benar menyiapkan area UMKM khusus bagi masyarakat Loteng.

“Karena potensi ekonomi dari gelaran kelas dunia ini sangat besar. Kami khawatir hanya akan jadi penonton orang yang menonton,” kata Firman.

Ia meminta penyelenggara memasukkan potensi masyarakat ke dalam skenario bubble travel.

Pemkab Loteng juga telah menyiapkan lahan untuk tempat pembuangan akhir (TPA) bagi aktivitas sirkuit dan KEK Mandalika.

Balap seri pemungkas musim World Superbike (WSBK) resmi digelar di Sirkuit Mandalika pada tanggal 19—21 November 2021.

BACA JUGA: Jasa Raharja NTB Gencarkan Sosialisasi di Kawasan Wisata Bahari

Gubernur NTB Zulkieflimansyah optimistis persiapan pemerintah provinsi ini menyukseskan balap seri terakhir musim kejuaraan dunia tersebut telah rampung.

Sebelumnya, WSBK akan digelar pada tanggal 12—14 November 2021. Namun, mundur satu pekan ke depan (19—21 November 2021).

Menurut Mandalika Grand Prix Association selaku penyelenggara dalam keterangannya menyebutkan salah satu alasan pengunduran waktu ajang balap WSBK. Menurutnya karena adanya pertimbangan logistik dan pengiriman barang.

BACA JUGA: Mori Hanafi Terpilih Jadi Ketua PSSI NTB

Selain itu, balapan ini mundur bukan hanya karena faktor teknis. Melainkan juga agar pelaksanaannya tidak bersamaan dengan final MotoGP di Valencia.

Kendati kalender MotoGP 2022 belum dirilis oleh Dorna Sports. Sirkuit Mandalika sudah mendapatkan slot untuk menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP pada tanggal 11—13 Februari 2022. Satu pekan berselang setelah tes pramusim pertama di Sepang, Malaysia.

Kondisi ini memungkinkan persiapan lain. Seperti skenario pergerakan penonton pra dan pasca-gelaran, peta sebaran akomodasi, dan protokol kesehatan berjalan sesuai dengan rencana. (nd5)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu