Senin, September 27, 2021
BerandaNewsViral... Menolak Diswab, Warga Madiun Bawa Pulang Pasien Pakai Roda Tiga hingga...

Viral… Menolak Diswab, Warga Madiun Bawa Pulang Pasien Pakai Roda Tiga hingga Meninggal

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MADIUN – Viral beredar video seorang pasien dibawa pulang keluarganya dari dari RSUD Caruban Madiun menggunakan kendaraan roda tiga. Dalam video tersebut terdengar suara seorang laki-laki mengikuti kendaraan sambil berucap menolak dilakukan swab test oleh pihak rumah sakit. Dan memilih membawa pulang hingga akhirnya pasien meninggal dunia dalam perjalanan.

Dalam rekaman yang diambil oleh pihak keluarga tersebut sambil melaju kencang mengutarakan kekecewaannya kepada pelayanan RS Caruban. Video yang berdurasi kurang lebih 24 detik sebut viral di whastap grup dan media sosial lainya dan mengundang reaksi beragam warganet.

Dikonfirmasi terkait berdarnya video tersebut, RSUD Caruban menyampaikan bahwa penanganan setiap pasien sama. Setiap masuk rumah sakit wajib dilakukan swab test untuk mengetahui penanganan berikutnya. Apakah terpapar atau tidak jika terpapar Covid-19 maka penanganannya juga berbeda.

“Peristiwa awalnya dari pasien berinisial T warga Desa Kenongorejo Kecamatan Pilangkenceng yang datang ke UGD pada Senin siang bersama keluarganya. Prosedur awal pasien wajib dilakukan swab test untuk mengetahui apakah pasien terpapar atau tidak. Namun dari pihak keluarga menolak. Dan memilih membawa pulang paksa si pasien hingga akhirnya ada vidio tersebut, ” kata Yoyok Andik Styawan, Humas RSUD Caruban.

Pada saat dibawa pulang menggunakan roda tiga, lanjutnya, pasien meninggal dunia dalam perjalanan pulang.

“Prosedur seluruh rumah sakit saat pandemi ini mengharuskan pasien pada masuk UGD wajib dilakukan pemeriksaan swab. Guna mengantisipasi penyebaran dan penularan covid-19 bagi pasien lain maupun nakes sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut, penjelasan Humas RSUD Caruban, bahwa pihak keluarga menolak keras dilakukan swab. Dan memilih membawa pulang pasien dengan menandatangani surat kesepakatan bersama.

” Keluarga pasien memilih membawa pulang pasien dan memilih menandatangani surat kesepakatan bersama menolak diswab dan akan menanggung resikonya,” pungkas Yoyok.

Pihak RSUD Caruban Madiun berjanji akan mengklarifikasi kebenaran dari ucapan dalam vidio oleh perekam dan pengunggah yang viral tersebut kepada pihak keluarga. (nto/aka).

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...