Kamis, Januari 27, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsUji Teknis Biodiesel 40 Persen Selesai Akhir Tahun

Uji Teknis Biodiesel 40 Persen Selesai Akhir Tahun

NUSADAILY.COM-JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) menargetkan kajian uji teknis Biodiesel 40 persen alias B40 bisa rampung pada akhir tahun ini.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menyatakan, kini program B40 telah memasuki tahap pengujian ketahanan mesin dengan engine test bench selama 1.000 jam.

“(Kajian) Akan selesai di akhir tahun, mungkin November kita mulai melakukan analisis lengkap dari semua. Kemudian pada Desember 2020 evaluasi dan penyusunan teknis penggunaan B40,” kata Dadan dikutip dari Kompas.com

“Untuk sementara kita tidak akan melakukan uji jalan di jalan raya, kan agak sulit ya kita akan memulai, agak takut keluar. Jadi kita mencari cara yang lain bagaimana ini tetap bisa berjalan,” lanjutnya.

Menurut Dadan, keputusan pihaknya untuk tidak melakukan uji jalan untuk Biodiesel 40 Persen. Seperti halnya yang dilakukan saat penerapan B30. itu karena adanya pandemi COVID-19.

Baca pula: Program Biodiesel B30 Dirilis, Devisa Hemat Rp63 Triliun

Ketua Tim Pengkajian B40, Sylvia Ayu Bethari, menambahkan metode uji ketahanan telah memperoleh persetujuan bersama dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Ikatan Ahli Bioenergi Indonesia (Ikabi).

“Saat ini yang sedang dilakukan adalah uji ketahanan untuk dua engine. Engine yang pertama menggunakan sample bahan bakar B40. Sedangkan untuk engine kedua formulasi B30 dengan DPME 10 persen sudah 615 jam,” ujarnya.

Adapun, beberapa tahapan ujicoba sebelumnya telah dilakukan. Meliputi uji karakteristik fisika-kimia formulasi bahan bakar B40 dan uji kinerja terbatas formulasi bahan bakar B40.

Terkait campuran FAME pada B40 nanti rencananya menggunakan B30 dan 10 persen dari D100 yang diproduksi oleh PT Pertamina (Persero). (yos)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed